img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Sekda Kukar Buka Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

date_range 23 Juli 2018 | Oleh : Medsi03
Sekda Kukar Buka Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca

FOTO Penyerahan Akrilik oleh Kepala Perpustakaan Nasioanal RI Syarif Bando kepada Pemerintah Kab Kukar yang diterima Oleh Sekda Kukar H Marli.

TENGGARONG –Perpustakaan berperan penting bagi kehidupan masyarakat, bukan hanya bagi pembelajaran namun bagi masyarakat luas, karena perpustakaan sebagai tempat untuk mendapatkan informasi dan mengembangkan informasi maupun pengetahuan. Demikian dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara H Marli saat membuka kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI dan DPR RI Komisi X bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, di Perpustakaan Umum dan Taman Pintar Tenggarong, Jumat (20/7/2018). 

Lebih lanjut dikatakan Marli, perpustakaan sebagai sumber informasi pengetahuan tentunya keberadaannya sangat penting dalam perannya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Perpustakaan menjadi jembatan cakrawala bagi masyarakat untuk mendapatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan.  Melalui pencarian  sumber informasi dan pengetahuan inilah akan dapat mengembangkan kompetensi bagi penggunanya. Menurutnya, perpustakaan harus dikembangkan tidak hanya pada masyarakat kota dan pada jenis perpustakaan sekolah saja, melainkan juga sampai pada pengembangan perpustakaan di kelurahaan dan desa. 

"Dengan pengembangan ini semua lapisan masyarakat diberikan dan mendapatkan kesempatan untuk terus belajar, sehingga peran perpustakaan sebagai agen perubahan bagi masyarakat dapat terealisasi dengan baik," ujarnya. Marli juga mengingatkan kepada peserta yang mengikuti kegiatan pada hari ini  agar kegemaran membaca harus ditingkatkan, buku sebagai salah satu sumber bacaan, dengan membaca buku akan membuat dan memiliki penambahan dalam pengetahuan yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari dan dalam profesi apa pun. Pengetahuan yang memadai tentunya sangat membantu dalam pengembangan potensi diri serta menjadi jembatan dalam keberhasilan seseorang baik dalam pendidikan maupun dalam dunia kerja.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi X DPRD RI, Hetifah Sjaifuddin mengajak masyarakat untuk gemar membaca, karena itu perpustakaan menjadi tempat alternatif untuk belajar. "Jadi bukan hanya disekolah dan rumah saja, perpustakaan  bisa menjadi tempat yang nyaman untuk belajar dan bertanya," ujarnya. Syarif Bando, Kepala Perpustakaan RI yang hadir dalam acara tersebut, mengatakan pentingnya membaca bagi masyarakat,  Sikap paling positif di dunia ini adalah membaca, hanya dengan membaca bisa transfer pengetahuan. “Dalam meningatkan gerakan nasional  gemar membaca, Perpustakaan RI telah bekerjasama dengan Kementerian  Desa untuk membangun perpustakaan di Desa,” jelas Syarif.  

Dalam kesempatan itu  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar mengenalkan program Integrasi Library Sytem (Inlislit). Program ini untuk memudahkan  pemustaka mencari koleksi buku di perpustakaan melalui sistem online. Acara  Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca tahun 2018 dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando, Wakil Ketua Komisi X DPRD RI, Hetifah Sjaifuddin, Kepala Bidang Pengembangan dan Pembudayaan Kegemaran membaca Prof Kaltim Hj Eka Mustika wati serta undangan lainnya. Acara diakhiri dengan penyerahan Akrilik dari Perpustakaan  Nasioanal RI Kepada Pemerintah Kab kukar yang diterima oleh Sekda Kukar.(Yuliati-Medsi03)

Terkait

BERITA Lainnya