img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

EIFAF Pacu Pelaku Industri, Gerakkan Ekonomi Kerakyatan di Kukar

date_range 23 Juli 2018 | Oleh : Medsi01
EIFAF Pacu Pelaku Industri, Gerakkan Ekonomi Kerakyatan di  Kukar

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan Erau Adat Kutai dan 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) 2018. (Foto: Irwan Wadi)

TENGGARONG -Pagelaran Erau Adat Kutai dan 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) 2018 tidak hanya sebagai pengenalan sebuah seni budaya ke kancah internasional melainkan Erau tersebut juga mampu menggerakkan para pelaku industri pariwisata yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat di Kutai Kartanegara (Kukar). “Event Erau ini harus mampu memberikan efek positif bagi pelaku usaha ekonomi kerakyatan,” kata Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat Pembukaan Erau di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Minggu (22/7/2018). 

Menurut Edi Damansyah festival ini juga dinantikan oleh masyarakat Kutai Kartanegara dan sekitarnya, menjadi ruang aktualiasi  bagi para seniman daerah, nusantara dan mancanegara dalam memacu para pelaku industri pariwisata untuk turut menggerakkan kemajuan sektor pariwisata di Kutai Kartanegara. “Artinya, tatkala masyarakat datang berbondong-bondong dengan sukacita  menyaksikan festival budaya ini, maka masyarakat akan mendapatkan manfaat ekonomi dari perhelatan budaya ini melalui berbagai sektor usaha yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan pengunjung atau wisatawan,” katanya.

Bahkan kata Edi, festival budaya ini juga merupakan salah satu ikon wisata budaya di Kukar yang telah menjadi agenda tahunan daerah dan ditetapkan sebagai agenda nasional oleh Menenterian Pariwisata RI secara nasional. “Melalui event erau ini, kita perkenalkan budaya dan wisata Kutai Kartanegara kepada para pengunjung wisatawan baik lokal, domestik hingga wisatawan mancanegara sehingga  wisata yang kita miliki akan terkenal luas dibelahan dunia,” ujarnya.   

Turut hadir dalam perayaan itu Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran (P2I) Kementerian Pariwisata RI Prof. I Gede Pitana Brahmananda beserta rombongan, Putra Mahkota Adji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Cagub Kaltim terpilih Isran Noor dan pasangannya Hadi Mulyadi, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI asal Kaltim-Kaltara, Hetifah Sjaifudian serta sejumlah pejabat, baik di lingkungan Pemprov Kaltim maupun Pemkab Kukar. (Medsi01)

 

Terkait

BERITA Lainnya