img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Hadiri Syukuran Mecaq Undat

date_range 08 Mei 2018 | Oleh : Medsi04
Plt Bupati Kukar Hadiri Syukuran Mecaq Undat

FOTO Plt Bupati Edi Damansyah saat melakukan prosesi dimulainya acara Mecak Undat.

TENGGARONG –Pelaksana Tugas Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri acara syukuran Mecaq Undat Masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung Ritan dan Ritan Baru yang berlangsung di Lamin Amin Bioq Desa Ritan  Baru Kecamatan Tabang. (3/5/2018). Turut hadir Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kukar Sri Wahyuni, Kadis SDM dan Slamet Hadiraharjo, Kadis Pertanahan M Syaifuddin dan Kadis Pekerjaan Umum Muhammad Yamin. Kepala Adat Besar Wilayah Tabang Edi Gunawan Areq Lung, Ketua Dewan Musyawarah Persekutuan Dayak Kaltim Dr Marthin Billa, Perwakilan Kerukunan Dayak Kenyah Kaltim Getzmani, Ketua Umum Lembaga Adat Dayak Kenyah Kaltim dan Ketua PDKT  Kukar Zainal Abidin. 

Edi Damansyah mengatakan upacara Mecaq undat merupakan tradisi turun temurun masyarakat Dayak Kenyah yang patut dijaga dan dilestarikan, karena Mecaq Undat merupakan salah satu warisan budaya daerah dan warisan budaya bangsa. Oleh karena itu, Edi Damansyah meminta kepada OPD terkait, agar upacara tersebut  dapat didaftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

“Saya sangat mengapresiasi tokoh adat dan masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tukung di Desa Tukung Ritan dan Ritan baru yang telah bahu membahu dan bergotong royong dalam menyelenggarakan kegiatan upacara adat mecaq undat ini. Pelestarian tradisi dan kearifan local seperti upacara Adat Mecaq Undat, dapat menjadi atraksi budaya yang diminati oleh wisatawan,”kata Edi Damansyah. 

Lebih lanjut dikatakannya pemerintah daerah melalui OPD terkait akan melakukan pemetaan potensi pariwista dan mengelolanya sebagai daya tarik wisata desa. Pemkab Kukar juga akan berupaya membenahi berbagai sarana, prasarana,  sekaligus infrastruktur untuk menunjang kegiatan tersebut,  sekaligus dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat Kecamatan Tabang. 

“Saya berharap masyarakat desa Tukung Ritan dan Ritan Baru dapat membentuk kelompok sadar wisata yang menjadi penggerak masyarakat untuk melakukan pemetaan, pemberdayaan dan pengelolaan wisata desa didesanya masing – masing, dengan pendampingan dari OPD terkait. Saya  juga mengajak pihak swasta maupun pihak perusahaan untuk turut melestariakn budaya lokal melalui forum tanggungjawab socialnya,” kata Edi Damansyah. 

Diakhir sambutannya Edi Damansyah mengajak  masyarakat Tabang, untuk tetap terus menjaga persatuan dan kesatuan , bahu membahu dalam mengisi pembangunan. Pada kesempatan itu, ia juga mengajak masyarakat untuk  menyukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018, tanggal 27 Juni 2018. “Kita boleh berbeda warna, berbeda pilihan namun tidak merusak persatuan dan kesatuan serta persaudaraan. Gunakan hak pilih anda dengan baik dan benar. Suara anda sangat menentukan kelangsungan pemerintahan maupun pembangunan Kaltim kedepannya, untuk maju, mandiri, berkualitas dan berkeadilan,”ujarnya lagi.  (Medsi04/Betty).

Terkait

BERITA Lainnya