img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

UKM Muara Badak Dilatih Kewirausahaan

date_range 07 Mei 2018 | Oleh : Medsi02
UKM Muara Badak Dilatih Kewirausahaan

FOTO Suasana pembukaan Diklat kewirausahaan.

TENGGARONG –Guna meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat strategis, Dinas Perindakop dan UKM Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Diskop dan UKM Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kecamatan Muara Badak, di BPU Desa Muara Badak Baru, Rabu (02/05/2018). 

Kegiatan pembinaan bagi pelaku UMK tersebut dilaksanakan selam 3 hari mulai Tanggal 2-4 Mei 2018. Kepala Disperindakop dan UKM Prov Kaltim Fuad Assaddin mengatakan Kecamatan Muara Badak memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah,  selain memiliki sumber daya manusia yang sangat berpotensi dalam perkembangan menjadi wirausahawan.  

“Masyarakat disini sangat bersemangat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaannya, pembinaan mental, maupun hal lain yang berhubungan dengan kewirausahaan, sehingga melalui gerakan kewirausahaan ini dapat merubah pola pikir masyarakat dari pola mencari kerja menjadi pola menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Fuad.  

Pentingnya masyarakat menjadi wirausahawan, menurutnya agar bisa termotivasi dan kreatif dalam pengembangan kretifitas dan inovasi di berbagai bidang pekerjaan. “Gerakan kewirausahaan ini dapat meningkatkan pengembangan produk unggulan yang ada di Kecamatan Muara Badak, “ucap Fuad. Dengan adanya program program kewirausahan yang berkesinambungan dan sinergi dengan lintas sektor, ia berharap permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UKM dapat difasillitasi dan dicarikan pemecahannya, guna tercapainya pemberdayaan ekonomi masyarakat, penyerapan tenaga kerja dan pengurangan angka kemiskinan. 

Sementara itu Sekretaris Diskop dan UKM Kabupaten Kukar Supriyanto mengatakan kegiatan pembinaan bagi pelaku UMK sangat tepat dilakukan di Kecamatan Muara Badak, pasalnya Kecamatan Muara Badak memiliki potensi sumber daya alam untuk berwirausaha di Kecamatan Muara Badak cukup besar dan sangat berpotensi untuk dikembangkan. “Kecamatan Muara Badak banyak memiliki potensi sumber daya alam, seperti potensi perikanan kelautan, potensi pertanian perkebunan dan potensi wisata yang dapat dikembangkan, guna menujang perekonomian masyarakat,” katanya. Pada kesempatan itu, ia berharap peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga ilmu yang diberikan oleh narasumber dapat diterapkan ditempat usaha masing masing. (Medsi02)

Terkait

BERITA Lainnya