img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Bangun Pos Retribusi, Plt Bupati Minta OPD Lakukan Evaluasi dan Gali Potensi PAD

date_range 30 April 2018 | Oleh : Medsi01
Bangun Pos Retribusi, Plt Bupati Minta OPD Lakukan Evaluasi dan Gali Potensi PAD

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat melakukan dialog bersama OPD dalam rangkan HUT Satpol PP Kukar.

TENGGARONG -Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta kepada semua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan evaluasi terhadap regulasi program kerja yang selama ini sudah dijalankan. Hal tersebut disampaikannya usai mengikuti dialog bersama OPD dalam rangka HUT Satpol PP di Halaman Kantor Bupati, Tenggarong, Senin (30/4/2018). 

“Saya minta semua OPD agar melakukan evaluasi terhadap regulasi yang sudah dijalankan, terutama menyangkut dengan pendapatan asli daerah yang bisa dikelola dengan baik melalui masing-masing OPD,” kata Edi. Menurut Edi, selama ini masih terlena dengan pendapatan bagi hasil pemerintah pusat, tanpa melihat potensi PAD yang begitu menjanjikan jika dikelola dengan baik. “Banyak potensi-potensi PAD yang menjanjikan seperti halnya retribusi perikanan di hulu mahakam yang selama ini belum pernah diurus dengan baik, untuk itu saya minta mulailah dari hal yang kecil,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, lanjut Edi untuk menguatkan penarikan retribusi pajak berkaitan tata niaga perikanan akan dipayungi dengan Peraturan Daerah (Perda) sehingga tidak menyalahi aturan yang ada.“Saya sudah minta kepada tim untuk melakukan kajian yang cepat tentang Perda Tata Niaga Perikanan. Bayangkan saja seperti ikan belut yang diangkut dari Semayang dibawa malam-malam, saat kita tidur dan itu terus berjalan tanpa kita nikmati pajaknya,” kata Edi. 

Ditambahkan Edi dengan Perda tentang Tata Niaga Perikanan tersebut, Pemkab Kukar bisa melakukan penarikan retribusinya melalui pos-pos yang akan dibangun baik itu di Pal 5 Loa Kulu maupun di simpang 3 (tiga) Loa Janan. “Jika aturannya sudah siap, akan dibangunkan pos retribusi di Pal 5 dan simpang 3 Loa Janan. Selama ini dari angkutan perikanan daerah tidak mendapat apa-apa, melainkan daerah lain seperti Balikpapan yang jelas mendapatkan PAD dari hasil bongkar muatnya,” jelas Edi. (Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya