img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Edi Bangga Tim UI Pilih Kukar Untuk Lakukan Bakti Sosial

date_range 18 April 2018 | Oleh : Medsi06
Edi Bangga Tim UI Pilih Kukar Untuk Lakukan Bakti Sosial

FOTO Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama rombongan Peninjauan keruang pasien dan ruang operasi yang sedang berlangsung operasi bibir sumbing dan langit langit.

TENGGARONG –Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah merasa bangga  tim dari Fakultas Kedokteran Gigi Bagian Bedah Mulut Universitas Indonesian (UI), yang diketuai oleh Guru Besar Bedah Mulut UI Prof Dr drg Benny S Latief  SP BM Konsultan, memilih Kabupaten Kukar sebagai tempat untuk melakukan kegiatan bakti sosialnya.

“Kami dari Pemkab Kukar merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada tim Fakultas kedokteran Gigi Bedah Mulut UI mau jauh – jauh datang Kekukar terutama di Kecamatan Kota Bangun dengan menempuh perjalanan yang jauh untuk melakukan bakti sosial operasi bibir sumbing,”ungkap Edi pada saat membuka acara bakti sosial operasi bibir sumbing, diRuang Pertemuan RSUD Dayaku Raja Kota Bangun, Minggu (15/4).

Edi menambahkan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing,  merupakan gambaran bahwa sistem kesehatan sudah mulai berjalan dengan baik dimana seluruh stakeholder termasuk masyarakat merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi pembangunan kesehatan. “Untuk dimasa akan datang saya mengharapkan kegiatan seperti ini tetap dapat diselenggarakan dengan jangkauan yang lebih luas, dengan mutu pelayanan dan penerapan prosedur kerja yang berstandar baik, pada saat melakukan tindakan operasi maupun pasca operasi,”ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing, yang merupakan wujud komitmen terhadap masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sementara ketua tim  Fakultas Kedokteran Gigi Bagian Bedah Mulut Universitas Indonesian (UI), Guru Besar Bedah Mulut UI Prof Dr drg Benny S Latief  SP BM Konsultan mengatakan timnya sebanyak 31 orang yang terdiri dari Konsulen UI Dr drg Pradono Sp BM dan jajarannya, ketua PABMI Dr drg Syafruddin Hak SpBM, Konsulen Luar Negeri dari Fokhisima University Dr Takao Fuchigami dan tim dokter ahli bedah mulut.

“Tim kami terdiri dokter – dokter yang sudah mempunyai jam  terbang tinggi dalam mengoperasi bibi sumbing dan langit – langit, setelah melakukan operasi nantinya tim dokter akan tinggal di sini selama 1 minggu sampai membuka jahitan dan melihat hasil dari operasi,”ujarnya. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah banyak membantu kegiatan bakti sosial berasal dari CSR Kukar yang ikut berpartisipasi dalam membantu 31 orang pasien,”Kami dari tahun 1986 sudah berkeliling diindonesia dan juga pernah ke timor – timor, kami sangat senang bisa memberikan harapan bagi mereka yang menderita cacat bawaan untuk bisa tampil lebih baik lagi,”ungkapnya.

Ia berpesan kepada masyarakat yang mempunyai bibir sumbing maupun belum mempunyai langit – langit,  agar segera melaporkan kepada pihak setempat untuk dilakukan tindakan selanjutnya,”Secara ilmiah dikatakan penyakit tersebut merupakan cacat bawaan yang disebabkan kekurangan gizi atau zat – zat tertentu pada saat kehamilan. Jadi bibir sumbing bukan penyakit turunan,”pesannya. Setelah pembukaan acara  dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata dan peninjauan keruang pasien dan ruang operasi yang sedang berlangsung operasi bibir  sumbing dan langit langit, acara dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kukar H Salehuddin, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan H Sukhrawardy S, Camat Kota Bangun Mawardi, Plt Direktur RSUD Dayaku Raja Kota Bangun Dr Aulia Rahman Basri dan tim dokter. (Medsi06)   

 

Terkait

BERITA Lainnya