img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Petani Kukar Sejahtera Asal Konsisten Kembangkan Pertanian

date_range 16 April 2018 | Oleh : Medsi01
Petani Kukar Sejahtera Asal Konsisten Kembangkan Pertanian

FOTO H Djafar mewakili Ketua KTNA Kaltim Wisdiyanto memberikan motivasi bagi para pengurus KTNA Kukar agar tetap semangat kembangkan pertanian.

TENGGARONG -H Djafar dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA)  Provinsi Kaltim mengatakan pertanian di Kutai Kartanegar (Kukar) sudah mampu memberikan keseimbangan kebutuhan masyarakat, sehingga diyakini perekonomian para petani pun akan menuai sejahtera. Hal tersebut dikatakannya saat membuka Rembuk Paripurna Luar Biasa Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kukar berlangsung di BPU Desa Tanah Datar Kecamatan Muara Badak, Rabu (11/4/2018). 

“Saya yakin dengan dorongan dan dukungan pemerintah daerah pertanian di Kutai Kartanegara jauh lebih berkembang dari daerah lainnya. Tentunya semua petani harus tetap semangat, kuat dan kokoh dalam menekuni profesi petani,” katanya. Menurut Djafar petani itu pasti sejahtera asal konsisten dalam mempertahankan lahan pertaniannya, kalau masih tergiur untuk menjual lahannya maka tidak akan sejahtera.  

“Petani harus disiplin dan jujur dan jangan tergiur kalau ada yang mau membeli lahan pertanian, apalagi dijadikan alih fungsi lahan. Kalau sudah dapat dipertahankan maka petani yang ada di Kukar pasti sejahtera,” ujarnya. Dia juga berharap kepada organisasi KTNA Kukar sebagai salah satu wadah perkumpulan para petani untuk terus melakukan terobosan dan inovasi dan memberikan penyuluhan serta sosialisasi kepada petani, bagimana cara meningkatkan produksi hasil pertanian hingga kiat-kiat dalam mendapatkan bantuan permodalan terutama dari perbankan. “Berikan pemahaman dan semangati para petani, jangan malu dan minder jadi petani, itu merupakan profesi yang sangat menjanjikan,” katanya.  

Ditambahkan Djafar saat ini banyak bergulir bantuan dalam pengembangan pertanian secara nasional baik itu dari pemerintah pusat, provinsi, daerah serta perbankan. Tentunya ini menjadi pintu masuk bagi semua kelompok tani bisa dimanfaatkan untuk mendapat bantuan dalam pengembangan pertaniannya.  

“Agar mudah mendapatkan bantuan bagi para petani, silahkan dicek Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kalau di KTP tercantum pekerjaannya sebagai petani, aman dan bisa mengajukan permohonan pinjaman, Tapi sebaliknya kalau tercantum wirausaha atau swasta makan sulit untuk diberikan bantuan, oleh karena itu profesi petani sangat menjanjikan dan yakinlah pasti sejahtera asal konsisten,” jelas Djafar. Hadir dalam kegiatan itu, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Camat Muara Badak Arfan, Kades Tanah Datar Anwar, serta para pengurus KTNA 18 Kecamatan Kukar dan undangan lainnya. (Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya