img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Kukar Menjadi Salah Satu Dari 5 Daerah Penerima Program BSBI 2018

date_range 04 April 2018 | Oleh : medsi 01
Kukar Menjadi Salah Satu Dari 5 Daerah Penerima Program BSBI 2018

FOTO Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kukar, H.Marli dan Pejabat Fungsional Diplomatik Muda Direktorat Diplomasi Publk Cherly Palijama saling bertukar cendera mata pada acara amuan makan malam peserta program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) 2018 dari Kementerian Luar Negeri.

TENGGARONG -Kalimantan Timur khususnya Kutai Kartanegara menjadi salah satu daerah dari 5 daerah di Indonesia yang dipercaya untuk menerima para peserta program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) 2018 dari Kementerian Luar Negeri, dimana peserta dari program ini merupakan para pemuda pemudi  duta seni dan budaya dari mancanegara.  

Adapun para duta seni budaya tersebut sebanyak 12 orang, mereka antara lain  berasal dari Jepang, Thailand, Philipina dan Siriname. Kedatangan peserta Program  BSBI 2018 disambut dalam acara jamuan makan malam yang digelar di Pendopo Odah Etam, Senin (2/4) lalu. Yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar H Marli, Kepala dinas Pariwisata Sri Wahyuni, Rektor Unikarta Erwinsyah, dan para pejabat dilingkup pemkab Kukar.  

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kukar  H Marli merasa bangga karena Kukar menjadi salah satu dari 5 daerah di Indonesia yang diberi kepercyaan sebagai tempat dilaksanakan program BSBI 2018. Menurutnya selain memiliki kekayaan alam dan budaya khas Kalimantan, Kutai Kartanegara ini tumbuh berkembang berbagai seni budaya nusantara lainnya yang ditandai dengan hadirnya paguyuban seni dari berbagai daearah ditanah air.  

Selain mengenal dan mempelajari seni budaya dan atraksi wisata di Kukar, Ia mengajakpara peserta BSBI untuk lebih dekat denga kehidupan pertanian, perikanan, dan perkebunan di Kutai Kartanegara yang didalamnya juga menyimpan kearifan lokal kehidupan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu melalui program BSBI ini, ia berharap kiranya para peserta dapat menjadi mitra daerah dan bangsa untuk mengenalkan, mempromosikan dan berbagi pengalaman menyenagkan  saat berkunjung ke berbagia tempat yang menarik didaerah ini.  

Edi juga berharap kepada para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk dapat mengambil bagian secara aktif untuk menyukseskan program mBSBI ini melalui programyang dapat disinergikan pelaksanaannya. Ia berharap kedepan kerjasama dengan kementerian luar negeri dapat diperluas lagi untuk mengenalkan potensi ekonomi, sosial budaya dan pariwisatai di Kutai Kartanegara. 

Sementara itu Kementerian Luar Negeri RI yang diwakili Pejabat Fungsional Diplomatik Muda Direktorat Diplomasi Publk Cherly Palijama mengatakan Program BSBI merupakan salah satu program Pemerintah Indonesia melalui kementerian Luar Negeri yang berorientasi pada upaya  pembentukan  citra positif tentang indonesia, memperkenalkan, mempromosikan dan menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia.  

Cherly mengungkapkan program BSBI  jelas memberikan manfaat bagi Indonesia, karena dalam prospektif diplomasi manfaat yang didapat dari mempelajari seni budaya Indonesia, bukan hanya memberikan pengalaman kepada para pemuda mancanegara, namun diharapkan para pemuda pemudi tersebut dapat ikut membangun jembatan pemahaman dan perdamaian. Selain acara hiburan dan ramah tamah, acara jamuan makan malam juga dilakukan penyerahan cendera mata dari Pejabat Fungsional Diplomatik Muda Direktorat Diplomasi Publk Cherly Palijama kepada Sekdakab H. Marli. (medsi 01/emge)

 

Terkait

BERITA Lainnya