img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Puskesmas Rapak Mahang, Puskesmas Berprestasi Nasional

date_range 29 Maret 2018 | Oleh : hmsdata
Puskesmas Rapak Mahang, Puskesmas Berprestasi Nasional

FOTO UPDT Puskesmas Rapak Mahang Puskesmas Berprestasi Nasional

Puskesmas Rapak Mahang di kawasan Jl. Pesut  Tenggarong. Jumat pagi ini semuanya sungguh  sibuk. Petugas nampak bergegas menghimpun peralatan sound system setelah berolahraga bersama ASN beberapa organisasi perangkat daerah dan masyarakat di sekitarnya. Kelelahan setelah berolah raga dan gotong royong membersihkan lingkungan kerja tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap memberikan pelayanan masyarakat.

Ruang tunggu itu sudah ramai oleh orang sakit dan keluarga pasien. Nampak petugas yang sibuk menulis, memanggil nama dan dokter pun sibuk mengukur tekanan darah, menjelaskan kondisi dan memberikan nasihat-nasihat medis kepada pasien. Ruang tunggu itu masih riuh. Petugas laboratorium pun memanggil pasien yang harus menjalani tes darah. Peralatan telah disiapkan dan pasien nampak meringis saat  jarum melukai ujung jarinya. Dan tak lama kemudian petugas laboratorium memeriksa dan mencermati alat dan indicator lalu membacakan hasilnya kepada pasien.

 Betapa sibuk orang-orang di Puskesmas Rapak Mahang, puskesmas yang sarat kelebihan dan prestasi.  Puskesmas non rawat inap dan merupakan UPTD Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kartanegara ini membawahi 4 kelurahan yakni Jahab, Bukit Biru, Timbau, dan Melayu.  Puskesmas ini memiliki wilayah kerja seluas28,545 km persegi dengan penduduk sekitar 43,465 jiwa dan diawaki oleh 81 petugas. Puskesmas Rapak Mahang didukung oleh 2 puskesmas pembantu yakni  di Jahab dan Bukit Biru, 35 posyandu balita 15 posyandu lansia, 7 posbindu dan 1 posyandu anak sekolah (SD) yang tidak di puskesmas di Kaltim.

Unit kerja ini pun telah ditetapkan sebagai puskesmas ramah anak dan santun lansia dan berstatus sebagai badan layanan umum daerah (BLUD). Puskesmas ini bermotto “anda Sehat Kami Puas” dan bervisi “Puskesmas berkualitas dan Masyarakat Mandiri Untuk Hidup sehat dan bermisi menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatan, membuat masyarakat memahami dan mau serta mampu melaksanakan hidup sehat, memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, serta untuk meningkatkan kompetensi SDM dan sarana prasarana.

Bangunan 2 lantai ini di lantai dasarnya terdapat poli umum, poli anak, poli kebidanan, poli imunisasi, poli lansia / klinik diabetes mellitus, klinik KB, poli gigi dan mulut, klinik gizi, unit DOTS, klinik laktasi, laboratorium, loket obat, gudang obat, ruang menyusui, klinik dan batantra, ruang bermain, pojok oralit, ruang Upaya Berhenti Merokok (UBM), pojok jamu, dan pojok klik puskesmas. Puskesmas memiliki fasilitas perpustakaan dgn koleksi sebanyak 3140 jenis untuk pasien yg menunggu dan masy seperti mhs kebidanan dan peneliti.

Fasilitas di dlm gedung, unt mendukung lingkungan yg bersih punya 1 unit ipal dgn kapasitas ckp besar, membuang semua cairan yg dihasilkan puskesmas yg hrs ada. Alat medis sdh tercukupi sejak berdiri. Mebelairnya sdh terpenuhi. Telah terpenuhi sejak 1 juli 2014. Di lantai 2  terdapat ruang kepala puskesmas, ruang keepala tata usaha, ruang pertemuan , secretariat ISO/akreditasi, ruang data, klinik kesehatan remaja (UKS), promosi kesehatan /PSM, klinik sanitasi, P2M, musholla, dan pantries.  

Untuk masa layanan, puskesmas rapak mahang membuka loket pendaftaran pada hari senin sampai kamis pada pukum 08.00 – 11.30 wita. Untuk hari jumat buka pada pukul 08.00 – 09.30 wita. Untuk hari sabtu buka pada 08.00 hingga 10.00 wita. Untuk pendaftaran online diperuntukkan untuk usia 45 tahun ke atas melalui fasilitas telpon di (0541) 4118851.  

Puskesmas Rapak Mahang memiliki website, pun disediakan sebuah perangkat computer yang ditajuk pojok klik puskesmas : komunikasi layanan informasi kesehatan puskesmas. Masy bisa melihat keadaan puskesmas, posyandu di Jahab yg menjadi unggulan, ada pula account facebook desa sehat mandiri dan posbindu. Itu jaringan2 yg diunggulkan.  

Jenis pelayanan pun ada beberapa yang menjadi unggulan. Diantaranya adalah usaha kesehatan perorangan, klinik diabetes mellitus yang di Indonesia hanya ada di Ternate dan Jakarta Timur), klinik laktasi (yang merupakan satu-satunya di Indonesia dengan sasaran ibu hamil dan ibu menyusui yg mengutamakan cakupan asi ekskulusif dgn bayi 0-6 bulan. Klinik lain adalah akupresor atau pijat refleksi dimana beberapa penyakit bisa ditangani dengan pijatan dan ditangani oleh SDM yg dilatih di Jakarta dan Samarinda.Selain itu juga ada layanan klinik KB, klinik gizi dan pojok jamu.  

Puskesmas ini menggabungkan pengobatan medis dan non medis dengan menyediakan unit herbal dan unit accupressor. Pojok jamu mencoba mengalihkan pengobatan komplementer dgn obat tradisional, memadukan obat medis dgn obat tradisional spt temu lawak, beras kencur, kunyit asam , teh serai, bawang tiwai, jahe merah dan beberapa jamu yg di di.

Penyakit-penyakit yang ditangani Puskesmas Rapak Mahang di dominasi penyakit ISPA, diikuti diabetes mellitus, dan hipertensi. Dari hasil evaluasi dari tahun-ketahun terdapat pergeseran dari penyakit menular menjadi tidak menular. Meski demikian, Puskesmas Rapak Mahang pun mempunyai masalah, seperti pemeliharaan gedung yang memelukan dana besar unt perbaikan kerusakan ringan. Hingga saat ini hal itu sulit dilakukan karena ada kendala pada anggaran di tahun-tahun yang agak sulit ini.

 

Pimpinan Puskesmas Rapak Mahang, Eko Marmono, SKM., M. Kes.  berharap, jika puskesmas ini menjadi icon Kalimantan Timur, setidaknya kabupaten-kabupaten lain bisa mengadop hal-hal yg menjadi unggulan.  Saat ini puskesmas Rapak Mahang sudah dikunjungi banyak pihak.  Paling jauh dari Kabupaten Deli, Sumatera Utara, 10 kab/kota di Kalimantan, kunjungan DPRD Banjar Baru, Bandung, dan Komisi 10 DPR RI.

Puskesmas Rapak Mahang memiliki prestasi yang mengagumkan. Dengan kerja keras yang sinergis dari seluruh stakeholders kesehatan di Kabupaten Kutai Kartanegara , beberapa prestasi yang membanggakan pun dapat diraih. Pada tahun 1997 meraih predikat juara I puskesmas berprestasi tingkat kabupaten, juara II tingkat provinsi, dan juara III poliklinik gigi terbersih tingkat provinsi. Tahun 2010 meraih ISO 9001-2008. Pada tahun 2011 berpredikat sebagai juara I puskesmas berprestasi tingkat kabupaten. Pada tahun 2013 meraih re-sertifikasi ISO 9001-2008, tahun 2015 meraih predikat juara I puskesmas berprestasi kategori perkotaan tingkat kabupaten dan juara I puskesmas berprestasi kategori perkotaan tingkat provinsi. Tahun 2016  meraih capaian sebagai puskesmas dengan status terakreditasi utama, dan pada tahun 2017 meraih juara III puskesmas berprestasi kategori perkotaan tingkat nasional. (hmsData)

 

 

 

 

 

Terkait

BERITA Lainnya