img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Pemkab Kukar Lakukan Nota Kesepahaman Revolusi Jagung

date_range 26 Maret 2018 | Oleh : medsi01
Pemkab Kukar  Lakukan Nota Kesepahaman Revolusi Jagung

FOTO Usai melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Amin bersama kepala Bappeda Wiyono, dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kukar Sumarlan berkesempatan berphoto bareng dengan memegang dokumen yang telah ditandatangani.

TENGGARONG - Dalam upaya mendukung dan mensukseskan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan melalui program khusus padi, jagung dan kedelai, pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan nota kesepahaman bersama tentang Program Revolusi Jagung. 

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kukar Edi Damansyah dan Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin, di Taman Teknologi Pertanian desa Bangun Rejo, kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (21/3) Lalu. Hadir pada acara tersebut, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar Wiyono, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kukar Sumarlan, Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Dafip Haryanto dan  Camat Tenggarong Seberang Suhari.  

Dalam Nota Kesepahaman tersebut dinyatakan kedua belah pihak berkomitmen sesuai kewenangan, tugas, fungsi dan potensinya masing - masing secara bersama - sama menjalin hubungan baik dalam program revolusi jagung di kabupaten Kutai Kartanegara, yang meliputi : penelitian dan pengembangan, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia khususnya tenaga penyuluh, serta pembinaan dan pengembangan kelompok tani penangkar benih jagung di wilayah kabupaten Kutai kartanegara.  

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menginginkan beberapa demplot khususnya jagung bisa dikembangkan dengan pola full mekanisasi, dibeberapa kecamatan seperti Tengggarong, Muara Badak, Tabang dengan melibatkan perusahaan - perusahaan telah dikembangkan demplot - demplot jagung ini. "Nampaknya dunia usaha menyambut baik apa yang kita lakukan ini yang menjadi prioritas pemkab Kukar dalam mendorong sektor pertanian untuk menjadi sektor unggulan dan komoditi yang kita dorong salah satunya jagung" Ujar Edi.  

Edi berharap kepada jajaran dinas pertanian bisa melakukan komunikasi dengan baik, karena  masih ditemukan belum adanya kesamaan persepsi dalam hal konsep jagung ini, kesamaan persepsi sangat diperlukan agar menjadi kekuatan dalam mewujudkan kedaulatan pangan di Kukar. "Saya sangat optimis jagung ini  bisa kita kembangkan dengan baik di Kutai Kartanegara, kerjasama sudah banyak kita lakukan dua minggu yang lalu kami telah melakukan penandatangan kerjasama dengan kementerian Desa dan Transmigrasi dengan beberapa perusahaan khususnya berbicara pengembangan produk unggul desa, salah satu pilihannya di Kukar adalah Jagung" terang Edi.  

Sementara itu Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin mengatakan bahwa dalam rangka melakukan percepatan pembangunan pertanian  pihaknya telah melakukan bimbingan teknis terkait revolusi jagung di Kutai Kartanegara. Terkait dengan revolusi jagung juga, BPTP Kaltim diungkapkan Amin akan menyerahkan aset dan pengelolaannya.Adapun aset yang diserahkan berupa lahan beserta bangunan dan sarana pendukung pada Taman Teknologi Pertanian. Selain Penandatanganan Nota Kesepahaman, dan penutupan bimbingan teknis, juga dilakukan penanaman bibit tanaman jambu kristal oleh Plt Bupati Edi Damansyah di areal Taman Teknologi Pertanian. (Margini S Prasetya-medsi01).

Terkait

BERITA Lainnya