img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Pasar Desa Bakungan Contoh Pasar Tradisional Modern

date_range 20 Maret 2018 | Oleh : medsi01
Pasar Desa Bakungan Contoh Pasar Tradisional Modern

FOTO Peresmian pasar desa Bakungan kecamatan ditandai pengguntingan pita oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah didampingi kepala Dinas Pasar HM. Suirp, Camat Loa Janan Muhaji, Kepala Desa Bakungan M. Amrizal dan perwakilan dari perusahaan PT. Alam Bara Kaltim (ABK).

TENGGARONG -Setelah sekian lama masyarakat Desa Bakungan Kecamatan Loa Janan mendambakan adanya pasar tradisional yang refresentatif akhirnya terwujud. Hal ini terlihat dengan diresmikannya pasar Desa Bakungan yang bergaya tradisional modern oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Kamis (15/3/2018).

Peresmian Pemanfaatan Pasar Desa Bakungan ditandai pengguntingan pita oleh Plt Bupati Kukar  Edi Damansyah didampingi Kepala Dinas Pasar HM. Surip, Camat Loa Janan Muhaji, Kepala Desa Bakungan  M. Amrizal dan perwakilan dari perusahaan PT. Alam Bara Kaltim (ABK) dan dilanjutkan peninjauan lokasi pasar.

Kepala Desa Bakungan M Amrizal  mengatakan pasar Desa Bakungan telah ada sejak tahun 1975 tempatnya dipasar lama,  namun semenjak tahun 1987 pasar kena musibah kebakaran sehingga direlokasi ke tempat yang sekarang, dan dibangun pada tahun 1989,  kemudian direnovasi pada tahun 2017 menjadi seperti yang sekarang ini.

Dijelaskan  Amrizal,  pasar Desa Bakungan disebut  bergaya tradisional modern dikarenakan memadukan konsep pasar rakyat atau tradisional namun juga menyediakan fasilitas modern yakni adanya pasar kuliner, pasar ikan, pasar sayur pasar pakaian, toko emas, dan ruko, serta fasilitas pendukung lainya seperti kantor pengelola pasar, rumah penjaga pasar, toilet  dan mushola. “Mungkin baru didesa bakungan  ini pasar rakyat yang berkonsef tradisional modern” ujar Amrizal.

Sementara Plt Bupati Edi Damansyah berharap dengan diersmikannya pasar desa ini akan memberikan dampak positif  dalam pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Bakungan serta menjadikan Desa Bakungan semakin lebih baik. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara kami sampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan didalam pembangunan pasar Desa Bakungan ini,” ujar Edi Damansyah.

Diterangkan Edi pasar desa merupakan salah satu asset desa yang diharapkan mampu memberikan peluang untuk meningkatkan nilai didesa dan dikelola secara manajemen melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). “Dengan difungsikannya pemanfaatan pasar desa Bakungan pada hari ini, kami berpesan agar pasar desa ini dapat dikelola secara professional sehingga dapat menghilangkan kesan pasar desa yang selama ini telah melekat” pesan Edi. Edi berharap pasar Desa Bakungan bisa menjadi role model atau contoh bagaimana pasar desa mampu dikelola secara professional seperti halnya pasar modern, bukan lagi pasar tradisional yang dikuasai oleh para tengkulak dan rentenir. (Margini S Prasteya-medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya