img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

PKBM Yapka Siap Gelar UNBK Program Kesetaraan Paket C

date_range 19 Februari 2018 | Oleh : Medsi01
PKBM Yapka Siap Gelar UNBK Program Kesetaraan Paket C

FOTO Beginilah suasana simulasi ujian kesetaraan paket C di PKBM Yapka Tenggarong Seberang.

TENGGARONG -Lembaga Pendidikan Non Formal (LPNF) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yapka yang berada di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang memiliki fasilitas memadai dalam menunjang pendidikan. Bahkan telah siap menggelar Ujian Nasional Computer Based Test (UNCBT) atau yang sering disebut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kami telah menyaiapkan semuanya dan siap menggelar UNBK bagi siswa kesetaraan Paket C atau setara dengan SMA/MA pada 9 April mendatang,” kata Ketua PKBM Yapka Arifin, Rabu (14/2/2018).  

Menurut Arifin, ujian nasional bagai siswa kesetaraan Paket C berbasis UNBK dapat menghemat anggaran. Dimana sebelumnya ujian nasional dilakukan secara manual dan membutuhkan banyak biaya, mulai dari penyediaan pensil, papan ujian dan lainnya, dan saat ini sudah beralih dengan sistem komputer. “Simulasi UNBK Kesetaraan Paket C sudah dilakukan dan hanya membutuhkan dua pengawas ujian,” ujarnya. 

Untuk ujiannya sendiri lanjut Arifin, PKBM Yapka, menyediakan 2 (dua) ruangan, setiap ruangan memiliki 30 komputer ditambah 20 laptop dari siswa sendiri. "Insya Allah pelaksanaan UNBK tahun 2018 tidak ada masalah, semuanya telah siap dan terdaftar 50 orang siswa akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer,” katanya.  

Diketahui, keberadaan pendidikan kesetaraan akan membantu percepatan upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di sektor pendidikan. Program tersebut merupakan jalur pendidikan non formal yang dapat diikuti oleh peserta didik yang ingin menyelesaikan pendidikan setara SMA/MA. Lulusan program Paket C berhak mendapat ijazah dan diakui setara dengan ijazah SMA/MA serta memiliki keterampilan untuk bekerja dan atau mematuhi dunia usaha/industri. (Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya