img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Edi Apresiasi Jajaran PBNU Ikut Bangun Pertanian Kukar

date_range 19 Februari 2018 | Oleh : Medsi01
Edi Apresiasi Jajaran PBNU Ikut Bangun Pertanian Kukar

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah menerima rombongan PBNU Pusat dalam Audiensi terkait pengembangan program pertanian ummat.

TENGGARONG -Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyambut baik atas kehadiran jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pusat yang melakukan silaturahmi sekaligus mensosialisasikan program nasional dalam rangka mewujudkan pembangunan pertanian. “Selamat datang di Kabupaten Kutai Kartanegara,” sambut Edi saat menerima rombongan PBNU didampingi Ketua Demplot Ekonomi IV  Wijaksono di Ruang Eksekutif Kantor Bupati, Tenggarong, Rabu (14/2/2018). 

Ketua Demplot Ekonomi IV PBNU Wijaksono mengatakan belum lama ini, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman melakukan MoU dengan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siraj di Kantor Pusat Kementerian Pertanian mengenai kerjasama, saling bantu, saling mendukung, dan mensinergikan program nasional mewujudkan pembangunan pertanian. “Untuk itu saya ditugaskan oleh pak Said menangani Demplot Ekonomi IV dan mengajak kepada semua petani di daerah untuk bersama-sama menyukseskan program pertanian sehingga ekonomi rakyat akan meningkat mandiri dan sejahtera,” katanya. 

Bahkan menurut Wijaksono, dalam waktu dekat ini ada 20 Bupati/Walikota akan diundang dalam penandatanganan kerjasama pengempangan pertanian di daerah, termasuk nantinya Kutai Kartanegara. Inilah tujuan silaturahmi, mengajak kepada semua daerah termasuk Kutai Kartanegara bersama-sama menguatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian,” ujarnya.

Ditambahkan Wijaksono, dalam kerjasama dengan Kementan itu, bahwa Kementan siap memberikan dukungan SDM melalui dukungan penyuluhan dan pendidikan sesuai program pemerintah, melakukan pendampingan pengolahan pertanian, pemasaran serta menfasilitasi prasaarana dan sarana terutama untuk komuditas hortikultura dan peternakan. “Saya pastikan program ini tidak akan sia-sia, pengusaha sudah disiapkan dalam membeli hasil pertaniandan. Program ini juga diasuransikan mulai dari gagal panen, ongkos tanam, hingga kematian, tentunya melalui koperasi di daerah masing-masing,”Jelasnya. 

Plt Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan program PBNU dalam pengembangan sektor pertanian jauh hari sudah sejalan dengan program pemkab Kukar dengan memanfaatkan lahan pertanian salah satunya pengembangan komuditas revolusi jagung. “Teman-teman NU Kukar telah kita ajak bersama-sama dalam pembangunan, selain dalam dakwah juga mengembangkan sektor pertanian menjadi kuat dan mandiri, salah satunya melalui revolusi jagung dengan target dari Kementerian Pertanian tahun ini sebanyak 3000 Ha” katanya.(Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya