img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Resmikan Gedung Perpustakaan Umum

date_range 19 Februari 2018 | Oleh : Medsi05
 Plt Bupati Kukar Resmikan Gedung Perpustakaan Umum

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, bersama Kadis Perpus dan Kearsipan Kaltim Aswin (2 kanan), Ketua DPRD Kukar Salehuddin (3 kanan), dan Kajari Kukar Kasmin (2 kiri) meresmikan penggunaan Perpus Umum dan Taman Pintar Tenggarong yang ditandai dengan Pengguntingan Tali Pita.

TENGGARONG -Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Gedung Perpustakaan Umum dan Taman Pintar Tenggarong yang ditandai dengan pengguntingan tali pita, Rabu (14/2/2018). Turut hadir Ketua DPRD Kukar Salehuddin, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim Aswin, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kukar Hasanuddin, Asisten III Bidang Umum Setkab Kukar Suriansyah, dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Kukar lainnya.

Dalam kesempatan itu Plt Bupati Edi Damansyah juga melakukan pelepasan 2000 ekor ikan nila dan 1000 ekor ikan lele dikolam areal taman pintar, dilanjutkan dengan penanaman pohon teranbesi di halaman gedung perpustakaan umum, serta Launching Perpustakaan Digital  di ruang perpustakaan umum tersebut. Edi mengatakan perpustakaan umum merupakan salah satu perangkat penyelenggara pendidikan non formal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Dasar (UUD) 1945. 

“Perpustakaan umum hadir dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menciptakan masyarakat lebih terdidik, terpelajar serta mampu mengikuti perkembangan teknologi di era sekarang,” kata Edi Damansyah. Peresmian gedung perpustakaan umum dan taman pintar serta launching perpustakaan digital ini, menurutnya menjadi momentum penting dalam upaya mendukung program pemerintah buta aksara, mengembangkan minat baca masyarakat dan membantu membuka cakrawala masyarakat khususnya di Kukar. "Saya berharap fungsi perpustakaan sebagai tempat penyimpanan, tempat pendidikan, memperkuat fungsi kultur serta sebagai tempat rekreasi menjadi perhatian penting bagi instansi terkait," ujarnya.

Menurut Edi, pembangunan gedung perpustakaan baru yang terletak di Jalan Danau Semayang dan Jenderal Ahmad Yani tersebut,  diharapkan  dapat memberikan layanan yang cepat, tepat dan teliti untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga minat baca semakin meningkat. Begitupula dengan kehadiran taman pintar, ia meminta akan menjadi kawasan wisata yang dijadikan tempat belajar, tempat aktivitas yang menyenangkan bagi anak anak serta masyarakkat umum, sehingga menjadi taman bermain dan belajar bagi peningkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 

"Saya minta peran semua pemangku kepentingan untuk sama-sama secara sistematis dan berkelanjutan mendukung pelaksanaan program tersebut, sehingga dapat dilakukan evaluasi serta koreksi dengan tujuan meningkatkan efesiensi dan efektivitas peningkatan dunia pendidikan di Kukar. Sehingga minat baca, akses terhadap informasi, dan terpenuhinya fasilitas pendukung lainnya dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," ujar Edi. Dipenghujung acara, Plt bupati dan rombongan meninjau gedung baru perpustakaan dan menyaksikan nota kesepahaman Memorandum of understanding (MoU) antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kukar dengan Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) tentang Pengembangan Dunia Pendidikan di Kukar. (Abdul Rahman/Medsi05)   

Terkait

BERITA Lainnya