img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Apresiasi Peluncuran SPEAKUP RSUD AM Parikesit

date_range 15 Februari 2018 | Oleh : Medsi01
Plt Bupati Kukar Apresiasi Peluncuran SPEAKUP RSUD AM Parikesit

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau Dispalay Program SPEAKup RSUD AM Parikesit.

TENGGARONG -Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah mengapresiasi  terobosan inovasi yang dilakukan oleh jajaran RSUD AM Parikesit Tenggarong yang meluncurkan program SPEAKup. Hal tersebut disampaikan Edi Damansyah usai meninjau display program baru RSUD AM Parikesit dalam Gelar Manajemen Perubahan dan Inovasi Generasi II yang berlangsung di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) Tenggarong Seberang, (12/2/2018).  

 “Terobosan baru ini menjadi contoh bagi OPD lainnya, untuk terus berinovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Program SPEAKup ini sebagai upaya dalam merespon berbagai keluhan para pelanggan rumah sakit berbasis online,” katanya. Sementara itu Direktur RSUD AM Parikesit Tenggarong dr Martina Yulianti, menyadari bahwa keluhan pelanggan terhadap pelayanan Rumah Sakit yang merupakan fenomena gunung es. Menyikapi keluhan yang muncul ke permukaan maka manajemen RSUD A.M. Parikesit meluncurkan program SPEAKup sebagai bentuk kepedulian dan sikap akomodatif pihak RSUD terhadap publik.  

“RSUD AM Parikesit sangat komitmen terhadap manajemen komplain, karena bagi kami complainer is informan. Dari pengkomplain kami dapat mengetahui kekurangan- kekurangan dalam layanan kami sehingga hal tersebut dapat di gunakan sebagai space of improvement untuk perbaikan berkelanjutan,” katanya. Ditambahkan Plt Kasubag Hukum dan Humas, Hj Widyasih SKM, RSUD penyandang Role Model Pelayanan Publik dengan kategori Pelayanan Prima dari Kemenpan RB tahun 2017 dan menerapkan manajemen komplain.  

“Kami memiliki berbagai saluran pengaduan mulai dari sms, facebook, instagram, twitter, kotak saran dan tempat membuat aduan secara langsung yaitu di Unit Pelayanan Pelanggan. Semua dilengkapi dengan SPO yang cukup detail karena kami harus benar-benar memanfaatkan suara pelanggan untuk perbaikan layanan kami. Sekarang ada SPEAKup yang semakin memberikan kemudahan bagi pelanggan kami,” katanya.  

Widyasih mengatakan Untuk dapat mengakses SPEAKup pelapor cukup membuka website resmi RSUD A.M Parikesit di www.rsamp.online/speakup lalu mengisi semua data pada form yang tersedia di aplikasi. Pada form tersebut terdapat beberapa syarat dan ketentuan, seperti membuat aduan si pelapor dengan mencantumkan nama lengkap dan alamat pasien yang sedang mendapatkan layanan dengan benar. “Pihak RS akan melakukan verifikasi untuk mengecek kesesuaian data. Jika sesuai, maka aduan di tindak lanjuti. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dan agar RS lebih mudah melakukan penelusuran dan melakukan penyelesaian masalahnya,”jelasnya. (Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya