img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Minta OPD Manfaatkan Program di Kementerian Pusat

date_range 15 Februari 2018 | Oleh : Medsi01
Plt Bupati Kukar Minta OPD Manfaatkan Program di Kementerian Pusat

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah saat meninjau Display Inovasi OPD di PKM Tenggarong Seberang.

TENGGARONG -Banyaknya program-program di kementerian membuka peluang bagi semua daerah yang dananya terbatas dalam melanjutkan pembangunan, termasuk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal tersebut disampaikan Plt Bupati Kukar usai memberikan penghargaan kepada sejumlah OPD dalam Gelar Manajemen Perubahan dan Inovasi Generasi II di Gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Senin (12/2/2018). “Banyak sekali program di kementerian pusat yang bisa kita manfaatkan untuk membangun semua sektor,” kata Edi Damansyah. 

Menurut Edi, peluang tersebut bisa ditangkap oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan melihat potensi yang ada untuk dikembangkan, sehingga program yang belum dapat dianggarkan karena defisit anggaran bisa melalui program di kementerian. “Langkah yang harus dilakukan adalah membuat Grand Design atau perencanaan program pembangunan yang selanjutnya disampaikan kepada pemerintah pusat, sehingga dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki Kukar pembangunan bisa terus berlanjut,” katanya.  

Edi Damansyah juga meminta kepada semua OPD agar membuat sistem data base pembangunan yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam program pembangunan yang sudah direncananakan. “Saya meminta semua OPD, agar membangun sistem data base yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dan bisa dipakai dalam membangun design besar Kutai Kartanegara,” ujarnya. Ditambahkan Edi, dalam menyusun grand design sendiri dapat melibatkan Dewan Riset Daerah (DRD) serta konsultan lainnya untuk kebangkitan Kutai Kartanegara maju dan mandiri.

“Saya juga minta semua aparatur terlibat aktif, karena terlalu banyak potensi sumber daya alam yang mampu kita tawarkan baik kepada pihak investor maupun di kementerian pusat. Manfaatkan peluang pusat, kurangi bercanda dalam bekerja, kurangi gosip-gosip kala bekerja, kurangi tertawa-tawa dan berolok-olok, kurangi sikap tidak mau tahu, kurangi berpolitik dalam bekerja, hentikan tuding menuding dan membentuk kelompok-kelompok yang hanya ingin membuat gaduh pemerintah. Mulai sekarang kita harus benar-benar kompak dan saling bahu membahu dalam menyusun grand Design,”demikian pinta Edi. (Medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya