img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Pemkab Kukar Apresiasi Pada Dunia Usaha yang Telah Tunjukan Komitmen

date_range 15 Februari 2018 | Oleh : Medsi06
Pemkab Kukar Apresiasi Pada Dunia Usaha yang Telah Tunjukan Komitmen

FOTO Penyerahan piagam desa penerima program PAMSIMAS III oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Kades Saliki Saliansyah.

TENGGARONG –Pemerintah  Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan serah terima pengelolaan kebun plasma dari PT Tritunggal Sentra Buana kepada kelompok tani plasma dan peresmikan sarana air bersih program PAMSIMAS III,  kepada seluruh pemangku kepentingan dan dunia usaha yang telah menunjukan komitmen kebersamaan dan sinergisitas di dalam membangun Kecamatan Muara Badak serta Kabupaten Kutai Kartanegara yang lebih Maju, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan. 

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Perusahaan Perkebunan Besar Swasta PT. Tritunggal Sentra Buana yang pada hari ini telah melakukan serah terima  pengelolaan kebun plasma kepada Kelompok Tani yang berada di wilayah Kecamatan Muara Badak, semoga dengan serah terima ini dapat semakin memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi para petani plasma khususnya dan masyarakat Kecamatan Muara Badak pada umumnya,”ungkap Plt Bupati Kabupaten  Kukar Edi Damansyah pada acara serah terima pengelolaan kebun plasma dari PT Tritunggal Sentra Buana kepada kelompok tani plasma dan peresmikan sarana air bersih program PAMSIMAS III di Desa Saliki Kecamatan Muara Badak Kecamatan Muara Badak, di Halaman Kantor Desa Saliki, Selasa (13/02). 

Ia meminta PT. Tritunggal Sentra Buana tetap memberikan perhatian dan pendampingan kepada Petani Plasma untuk pengelolaan dan pengembangan kebun sawitnya sehingga tidak ada lagi perbedaan yang mencolok di lapangan yang sering kita lihat antara pertumbuhan kebun plasma dan kebun inti.  

“Kami berharap pola pengembangan perkebunan dengan berbasis masyarakat yang dilakukan oleh      PT. Tritunggal Sentra Buana akan menjadi contoh    (role model) bagi Perusahaan Perkebunan Besar Swasta lainnya di Kabupaten Kukar. Karena pembangunan kebun inti dan plasma selalu menjadi permasalahan utama di dalam pembangunan perkebunan kelapa sawit selama ini dan sering menimbulkan konflik sosial di lapangan,”ucapnya.  

Kedepan Ia mengingatkan agar Perusahaan Perkebunan Besar Swasta lebih mampu melakukan koordinasi, komunikasi dan sinergitas    di dalam pelaksanaan pembangunan perkebunan, sehingga kemungkinan munculnya konflik horizontal bisa diminimalisir serta kecemburuan sosial pun bisa dihindari, sehingga perkebunan kelapa sawit bisa menjadi komoditas andalan yang bermanfaat bagi Masyarakat, Pelaku Usaha maupun Pemerintah.  

Edi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya dalam rangka mendukung 2 (Dua) agenda nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III, PAMSIMAS merupakan salah satu Pemerintah dalam mencapai target 100-0-100 yakni akses air minum 100 % aman, 0 % kumuh dan 100 % akses sanitasi yang layak pada akhir tahun 2019 sesuai dengan RPJMN 2015-2019.  

“Semoga sarana air bersih program PAMSIMAS III yang diresmikan hari ini dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik serta yang terpenting adalah keberlanjutannya, jangan sampai sarana air bersih ini hanya berjalan beberapa waktu saja dan hanya menjadi sebuah monumen yang tidak ada manfaatnya bagi masyarkat karena kurangnya pemahaman teknis dan manajerial pengelolaan oleh masyarakat, untuk itu kami meminta kepada PDAM Tirta Mahakam bersama Tim PAKEM PAMSIMAS untuk dapat memberikan pelatihan dan pendampingan didalam teknis dan pengelolaan sarana air bersih ini,”ujarnya.

Acara dirangkai dengan penandatanganan berita acara serah terima kebun plasma dan penyerahan pupuk tanaman oleh PT Tritunggal Sentra Buana Aldianur Alumu dengan kelompok tani diwakili kelompok tani Cahaya Mario oleh M Yusuf, disaksikan oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Kades Saliki, Kades Muara Badak Ulu dan Kades Salo Palai, Camat Muara Badak, Kadis Perkebunan, Kadis Koperasi dan UKM.

Dilanjutkan dengan penyerahan piagam desa penerima program PAMSIMAS III oleh Plt Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Kades Saliki Saliansyah dan penyerahan piagam penghargaan kepada tokoh masyarakat atas pertisipasi dalam pelaksanaan program PAMSIMAS III diterima oleh Amirullah dan Masyhur Avahas.(Medsi06)

Terkait

BERITA Lainnya