img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

KPU Tetapkan 6 Dapil Pemilu di Kukar

date_range 13 Februari 2018 | Oleh : Medsi06
KPU Tetapkan 6 Dapil Pemilu di Kukar

FOTO Ketua KPU Kukar menyampaikan sambutan

TENGGARONG –Berpedoman pada prinsip–prinsip penataan dapil dan mempertimbangkan pasca pemilu tahun 2014, serta tidak adanya pemekaran atau perubahan wilayah kecamatan dan desa/kelurahan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), maka ditetapkan untuk pemilu 2019 Kabupaten Kukar terdiri dari 6 (Enam) daerah pemilihan (dapil).

Adapun Enam dapil terdiri dari Kukar 1 Kecamatan Tenggarong, Kukar 2 terdiri dari Kecamatan Muara Wis, Kenohan, Kembang Janggut, Kota Bangun, Tabang dan Muara Muntai, kemudian Kukar 3 terdiri dari Kecamatan Tenggarong Seberang, Sebulu, dan Muara Kaman, Kukar 4 terdiri Kecamatan Loa Kulu dan Loa Janan, Kukar 5 terdiri dari Kecamatan Samboja, Muara Jawa dan Sangasanga, dan Kukar 6 terdiri dari Kecamatan Anggana, Muara Badak dan Marangkayu.

“Penyusunan dan penataan dapil dan lokasi kursi anggota DPRD mengacu pada jumlah penduduk Kukar berdasarkan berdasarkan data agregat kependudukan perkecamatan (DAK2) yang diterima dari Menteri Dalam Negeri pada tanggal 27 Nopember 2017 dalam berita acara Mendagri Nomor 905/8860/Sj,”kata Ketua KPU Kukar Junaidi Syamsuddin pada acara Rapat Koordinasi Daerah Pemilihan Kabupaten Kukar Pemilu 2019, di Hotel Grand Elthy, Jumat (09/02/218).

Dikatakannya  melalui rakor yang diadakan tersebut bisa mendengar pendapat dari  setiap dapil yang hadir tentang penataan, pemetaan dan penyusunan dapil menjadi salah satu awal pelaksanaan tahapan pemilu yang akan diawali pemilu kepala daerah yaitu pemilu gubernur dan wakil gubernur ditahun 2018 dan tahun 2019 yang akan  datang, yang akan dilaksanakan serentak antara pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden. “Kami ingin mendengar pendapat maupun saran dari setiap dapil tentang pemilu yang akan datang, kemudian jumlah TPS disetiap dapil dan jumlah kursi,”ujarnya.

Ia menjelaskan untuk alokasi kursi anggota DPRD mengacu pada jumlah keseluruhan penduduk Kabupaten Kukar sesuai DAK2 yaitu sebanyak 670.458 jiwa, jumlah penduduk tersebut berada pada kisaran 500 ribu orang sampai dengan 1 juta orang sesuai dengan pasal 191 ayat 2 point f Undang – Undang nomor 7 tahun 2017, maka alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Kukar sebanyak 45 kursi. Terkait dengan akses pengadaan logistik, menurutnya jika dilihat dari perkembangan  geografis disetiap daerah Mahakam dan belajar dari pengalaman pemilu yang lalu, ia berharap kendala yang dihadapi akan bisa teratasi dengan cepat, terutama surat suara bisa sampai dengan baik dan terjaga keamanannya. “Partai politik yang akan mengikuti pemilu nanti sudah ditentukan ada 16 partai 4 diantaranya adalah partai baru dan kami berharap  rakor ini bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan harapan kita bersama”ungkapnya. (Medsi06)

Terkait