img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Serahkan Penghargaan Adiwiyata 2017

date_range 13 Februari 2018 | Oleh : Medsi05
Plt Bupati Kukar Serahkan Penghargaan Adiwiyata 2017

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, juga menyerahkan piagam penghargaan atas partisipasi Perusahaan dalam mendukung program Sekolah Adiwiyata diwilayah Kecamatan di Kukar 2017.

TENGGARONG -Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata Dan Piagam Penghargaan Atas Partisipasi Perusahaan Dalam Mendukung Program Sekolah Adiwiyata diwilayah kecamatan se Kukar di ruang Bengkirai Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kukar, Senin (12/2/2018). 

Turut hadir Sekda Kukar H Marli, Kadis LHK Kukar Alfian Noor dan Sekretaris Inspektorat Kukar Abdullah Pannusu. Dalam kesempatan itu Plt Bupati Kukar Edi Damansyah menyerahkan piagam penghargaan kepada 17 Sekolah Dasar (SD) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebagai peraih Sekolah Adiwiyata Kukar 2017 yang diterima masing masing kepala sekolah.

Adapun 17 sekolah dasar yang menerima penghargaan yaitu SDN 002, 003, 005, 006, 014, dan 015 asal dari Kecamatan Loa Janan, kemudian SDN 001, 003, 004, 007, 008, 009, 015, 019, 020, dan 035 asal Kecamatan Tenggarong, serta SDN 015 Kecamatan Tenggarong Seberang. Selanjutnya, 5 sekolah menengah pertama/sederajat yaitu SMPN 02 dan 03 Kecamatan Loa Janan, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2, dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kecamatan Kota Bangun. 

Kemudian dilanjutkan, pemberian piagam penghargaan kepada 6 perusahaan atas partisipasi perusahaan dalam mendukung program Sekolah Adiwiyata di kecamatan tahun 2017 yang diterima masing masing pimpinan perusahaan, yaitu PT Anugerah Bara Kaltim (ABK), PT Pama Persada Nusantara (PPN), PT RPP Contraktor Indonesia, dan PT Nusa Perdana Indah (NPI) Kecamatan Loa Janan. PT Pama Persada Nusantara (PPN), dan PT Khotai Makmur Insan Abadi di Kecamatan Tenggarong Seberang. 

Dalam sambutannya Edi mengatakan penghargaan Adiwiyata yang diterima merupakan sebuah amanah, untuk tetap menjaga dan meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup disekolah masing-masing. “Penghargaan ini bukan hanya bagi para kepala sekolah, namun juga untuk seluruh warga sekolah dan pihak perusahaan disekitar lingkungan sekolah yang terlibat langsung dalam upaya perwujudan sekolah yang memenuhi kriteria adiwiyata. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan adiwiyata, dan saya berharap dapat mempertahankan prestasinya bahkan meningkatkannya di masa mendatang," ujarnya. 

Ia juga meminta perusahaan yang beraktivitas dibeberapa kecamatan, agar mampu menambah motivasi sekolah penerima adiwiyata tahun ini dengan terus mengembangkan motivasi kepada sekolah-sekolah lainnya, sehingga bermanfaat bagi peningkatan pengelolaan lingkungan di Kukar. "Program Adiwiyata yang dicanangkan pada Pebruari 2006 merupakan implementasi dari pendidikan lingkungan hidup pada sekolah dasar sampai menengah. Sesuai dengan program nasional yaitu upaya pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan karakter," ujar Edi. 

Dijelaskan Edi, Program Adiwiyata adalah insentif dan bentuk apresiasi bagi sekolah-sekolah yang menunjukkan komitmen dan mau bekerja keras untuk bisa memenuhi 4 komponen yang ditentukan, yaitu kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan berbasis partisipatif, dan sarana/prasarana pendukung pendidikan lingkungan. “Melalui pendidikan lingkungan maka guru akan lebih inovatif dan kreatif, sedangkan murid akan lebih peduli, mampu mengartikulasikan pendapat, mampu berpikir secara terintegrasi dan prestasinya akan meningkat, sehingga menjadi karakter yang patut dikembangkan untuk menjadi warga masyarakat yang baik," tambah Edi. (Medsi05) 

 

Terkait

BERITA Lainnya