img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Resmikan Cagar Budaya Sistem Penguburan Di Indonesia

date_range 30 Januari 2018 | Oleh : Medsi 03
Plt Bupati Kukar Resmikan Cagar  Budaya Sistem Penguburan Di Indonesia

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah , Camat Sangasanga Gunawan dan Kasubag Tata Usaha BPCB Kaltim Ign. Eka Hadiyanta yang mewakili Kepala BPCB Kaltim saat memperlihatkan pesan dan kesannya mengenai situs gunung Selendang Sangasanga.

TENGGARONG –Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Gedung Pameran Cagar  Budaya Sistem Penguburan Di Indonesia  Gunung Selendang Kecamatan Sangasanga, Sabtu(27/1/2018). Situs Gunung Selendang Sangasanga tersebut  ditemukan secara tidak sengaja pada bulan Mei tahun 2009  dan mulai dilakukan pengalian arkeologis pada tahun 2010 oleh Balai Arkeologi Banjarmasin bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kalimantan Timur. Penggalian tersebut berhasil menemukan tajau (wadah kubur) berbahan stoneware sebanyak 51 buah.

Plt Bupati Kutai Kartanegara Edi  Damansyah  mengapresiasi BPCB Kaltim atas pengembangan situs Gunung Selendang dan pembangunan  gedung Pameran Cagar  Budaya Sistem Penguburan Di Indonesia  di Gunung Selendang Sangasanga sebelah timur Jembatan Sangasanga. “Cagar budaya  yang merupakan media untuk memberikan  informasi keberadaan sejarah  yang ada di Sangasanga maupun di Kukar, saya berharap keberadaannya bisa tertata dengan baik, apalagi Sangasanga mempunyai sejarah tentang  perjuangan yang diperingati setiap tahunnya yaitu pada tanggal 27 Januari,” kata Edi Damansyah.

Edi juga berkomitmen bersama OPD terkait untuk memberi dukungan kepada BPCB Kaltim untuk mengembangkan Cagar  Budaya.“ Semoga ini bagian dari sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Kukar dengan Pemerintah Provinsi Kaltim dan BPCB Kaltim” imbuhnya. Diakhir ia berharap cagar alam tersebut bisa dipelihara dan difungsikan dengan baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat Kutai Kartanegara.

Pada kesempatan itu Kasubbag  Tata Usaha BPCB Kaltim Ign. Eka Hadiyanta yang mewakili Kepala BPCB Kaltim memberikan cindramata berupa plakat kepada Plt Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, sebelum meninjau pameran yang  dilanjutkan dengan menuliskan pesan dan kesannya mengenai situs Gunung Selendang Sangasanga. (Medsi 03)

Terkait

BERITA Lainnya