img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Bappeda Gelar Orientasi RKPD 2019

date_range 18 Januari 2018 | Oleh : Medsi04
Bappeda Gelar Orientasi RKPD 2019

FOTO JPlt Bupati Kukar Edi Damansyah saat menyampaikan arahan.

TENGGARONG –Guna menyamakan persepsi dalam proses RKPD 2019 dan Renja Perangkat Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Orientasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD 2019 di Aula  Martadipura Kantor Bappeda Kukar di Tenggarong, Senin (15/1/2018). Adapun tema pembangunan Kutai Kartanegara 2019 yaitu Peningkatan Perekonomian Dan Daya Saing Daerah Menuju Transformasi Ekonomi Masyarakat Yang Lebih Sejahtera.  Kegiatan tersebut diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se- Kukar, Dewan Riset Daerah Kukar, para camat, lurah, dan para akademisi. 

“Tujuan orientasi RKPD 2019 ini agar RKPD lebih focus dengan berlandaskan pada pendekatan tematik, holistik- integratif dan spacial ( THIS ), meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam penyusunan dokumen perencanaan, berkomitmen bersama untuk mentaati tahapan dan batas waktu yang telah ditetapkan,”kata  Kepala Bappeda Wiyono. 

Adapun hal - hal penting yang menjadi perhatian penyusunan rencana kerja Renja Pemerintah Daerah yaitu kesesuaian dengan RPJMD, kesesuaian dengan Renstra PD, pemenuhan SPM, memperhatikan program/target nasional dan provinsi, hasil musrenbang, belanja wajib, pembayaran hutang, kegiatan yang belum tuntas/mangkrak, penurunan angka kematian, upaya peningkatan PAD, SDGs, ekonomi kreatif, smart city, dana alokasi khusus, Bankeu, CSR serta pokok pikiran DPRD, sedangkan untuk pembangunan fisik meliputi  ketersedian lahan, FS,  DEd, amdal/ UKL- UPL, dan IMB, serta  perijinan lainnya. 

Pelaksana Tugas Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut harus bisa dimanfaatkan dengan baik. “Tanyakan apa yang belum dimengerti, terus berkoordinasi, silahkan membuat rumusan dan renja OPD sesuai dengan visi dan misi Gerbang Raja,”kata Edi. Lebih lanjut dikatakannya pelaksanaan orientasi RKPD 2019 merupakan salah satu upaya Pemkab Kukar untuk  memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas perencanaan, dimana perencanan tumbuh dan berkembang dari OPD masing – masing. “Saya ingin renja perangkat daerah dapat tersusun dengan baik, dengan menetapkan anggaran yang berbasis  program yang terintegrasi, sehingga tidak ada lagi OPD yang berjalan sendiri, melain selalu bersama dengan semangat RPJMD 2016 – 2021,” harap Edi.  

Menurut Edi dari hasil evaluasi 2017 dan 2018 masih terdapat kelemahan,  sehingga 2019 akan dilakukan perbaikan, agar semangat visi misi Gerbang Raja bisa dilaksanakan dengan baik. Ia juga mengkritisi tentang penyusunan APBD Kukar, pasalnya pada detik–detik finalisasi APBD Kukar 2018 di DPRD Kukar  masih ada OPD yang mengajukan usulan dengan  membawa telaahan staf. “Saya tidak mau lagi ada kasus penyampaian usulan kegiatan maupun program dilakukan saat RAPBD menjadi APBD telah mencapai finalisasi, karena menggangu kerja dan waktu. Jika hal tersebut masih terjadi, bisa dipastikan kepala OPD nya  tidak tanggap, “tegas Edi Damansyah. (Betty-Medsi04)

Terkait

BERITA Lainnya