img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Edi Damansyah Resmikan SDN 003 Desa Embalut Tenggarong Seberang

date_range 04 Januari 2018 | Oleh : Medsi04
Edi Damansyah Resmikan SDN 003 Desa Embalut Tenggarong Seberang

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah serahkan potongan nasi tumpeng kepada Kepala SDN 003 Tenggarong Seberang. (jpg2)

TENGGARONG -Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah meresmikan Gedung SDN 003 di Desa Embalut Kecamatan Tenggarong Seberang, ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan nasi tumpeng, pengguntingan pita, pembukaan slubung papan nama, serta peninjauan beberapa ruang kelas, Rabu ( 3/1/2018). Bangunan yang diresmikan tersebut terdiri dari 5 ruang kelas, ruang Usaha Kesehatan sekolah (UKS), perpustakaan, dan wc, yang berdiri diatas lahan seluas 2 Ha dengan biaya Rp. 1,158 Milyar.  

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Tenggarong Seberang Suhairi, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Hifsi G Fachrannas, Kades Embalut DR Musmuliyadi, dan perwakilan PT Kitadin Embalut. Edi Damansyah dalam sambutannnya merasa  bersyukur dan berbahagia dengan selesainya kegiatan program bantuan revitalisasi Sekolah Dasar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.  Untuk tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merevitalisasi sekitar 150.000 ruang kelas setara 52.000 sekolah, salah satunya SDN 003 Desa Embalut Kecamatan  Tenggarong Seberang.  

Dijelaskannya revitalisasi bangunan sekolah merupakan salah satu dari sekian banyak upaya dalam rangka membangun kualitas pendidikan. Strategi lain yang digunakan dalam pembangunan pendidikan di Indonesia juga dilaksanakan dalam bentuk kebijakan strategis antara lain menyelenggarakan pendididikan yang relevan dan bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan global, menyelenggarakan pendidikan yang dapat dipertanggungjawaban kepada masyarakat sebagai pemilik sumber daya dan dana serta pengguna hasil pendidikan, selain memberi peluang yang luas dan meningkatkan kemampuan masyarakat, sehingga terjadi diversifikasi program pendidikan sesuai dengan sifat multicultural bangsa Indonesia.  

“Tidak mudah meningkatkan kualitas pendidikan, apalagi saat ini masih banyak masalah yang dihadapi antara lain keterbatasan aksesibilitas dan daya tamping, kerusakan sarana dan prasarana, kekurangan tenaga guru, kinerja dan kesejahteraan guru yang belum optimal, proses pembelajaran yang konvensional, belum lagi jumlah dan kualitas buku yang belum memadai, selain keterbatasan anggaran, mutu SDM pengelola pendidikan, life skill yang dihasilkan belum sesuai kebutuhan,”ujar Edi Damansyah. Untuk itu ia berharap dengan adanya bantuan tersebut, maka proses belajar mengajar akan menjadi lebih nyaman dan kondusif.  

“Saya berharap dari sekolah ini akan lahir kader–kader bangsa, yang memiliki karakter religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, memiliki semangat kebersamaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social dan bertanggung jawab, serta lebih semangat lagi dalam belajar, “ harap Plt Bupati Kukar lagi. (Betty- Medsi04)

Terkait

BERITA Lainnya