img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

BKPPD, Sosialisasi Produk Taspen Life dan Refresh Aplikasi SIMGAJI 2017

date_range 22 Desember 2017 | Oleh : Medsi 04
   BKPPD, Sosialisasi Produk Taspen Life dan Refresh Aplikasi SIMGAJI 2017

FOTO Asisten III Setkab Kukar Suriansyah HN saat membuka sosialisasi Produk Taspen Life.

TENGGARONG –Asisten III Bidang Administrasi Umum  Setkab Kukar Suriansyah HN membuka kegiatan sosialisasi produk Taspen Life dan Refresh Aplikasi System Manajemen Gaji ( SIMGAJI  2017 ) dilingkungan Pemkab Kukar. Kegiatan yang digeber oleh Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah berlangsung sehari di Hotel Grand Fatma Tenggarong  bekerjasama dengan PT Taspen ( Persero ) Samarinda, yang diikuti oleh  seluruh pembuat atau operator gaji di masing – masing OPD Se-Kukar, Kamis ( 21/12/2017 )

Suriansyah HN dalam sambutannya mengatakan, para pegawai negeri sipil (PNS)  merupakan peserta TASPEN, sejak diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil hingga nanti pensiun. Setiap bulan PNS dipotong iuran wajib pegawai sebesar 3,25 % untuk iuran tabungan hari tua dan 4, 75 % untuk iuran pensiun. Disamping itu terhitung mulai bulan juli 2015 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2015 tentang jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pegawai aparatur sipil Negara, seluruh PNS / ASN menjadi peserta Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Aparatur Sipil Negara yang dikelola oleh TASPEN, namun iuran kepesertaannya dibayar melalui APBD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yaitu 0,24 % untuk JKK dan 0,30 % untuk JKM.

Menurut Suriansyah kesejahteraan PNS semakin membaik, jika PNS pensiun TASPEN akan membayarkan tabungan hari tua THT dan pensiun pertama / bulanan, sementara apabila ada PNS yang meninggal dunia ketika masih aktif maka TASPEN akan membayarkan  THT, asuransi kematian, santunan sekaligus uang duka wafat dan bantuan penguburan. “Demikian juga ketika PNS mengalami kecelakaan kerja TASPEN akan membayarkan manfaat perawatan, santunan dan tunjangan cacad, “tegas Suriansyah HN.

Untuk itu, Suriansyah sangat berharap kepada peserta yang mengikuti sosialisasi ini dapat menyimak secara seksama materi yang diberikan dan bertanya tentang hal – hal yang belum dimengerti. “Kegiatan ini sangat menarik karena menyangkut tambahan kesejahteraan PNS. Kalau memang penawaran itu menguntungkan sebaiknya para peserta langsung mengikuti program top up kesejahteraan PNS, “harapnya. Acara ditandai juga dengan  penyerahan cenderamata antara Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Samarinda Dadang Suharnoto kepada  Asisten III Setkab Kukar Suriansyah Nawawi. ( Medsi 04 / Betty ).

Terkait

BERITA Lainnya