img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Pemprov Kaltim Akui 11 Kelurahan Kukar Pioner Penerapan PADU DESK di Kaltim

date_range 07 Desember 2017 | Oleh : Medsi01
Pemprov Kaltim Akui 11 Kelurahan Kukar Pioner Penerapan PADU DESK di Kaltim

FOTO Plt Bupati Kukar Edi Damansyah mengalungkan bunga mawar usai menggunting pita Kantor PADU-DESK Kelurahan Pendingin Sangasanga.

TENGGARONG –Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengakui 11 Kelurahan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi pioner atau contoh dalam penerapan sistem Pelayanan Administrasi Terpadu Desa dan Kelurahan (PADU-DESK), hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro Pemerintahan, Perbatasan dan Otonomi Daerah Setprov Kaltim Siti Sugiana, usai menghadiri MoU dan Launching PADU-DESK di Kelurahan Pendingin Kecamatan Sangasanga, beberapa waktu  lalu.

“Dari 10 kabupaten kota di Kaltim, baru Kabupaten Kutai Kartanegara yang menerapkan sistem pelayanan administrasi terpadu desa dan kelurahan,” kata Sugiana. Menurut Sugiana melalui PADU DESK Kukar, maka penerapan pelayanan administrasi terpadu menjadi yang terdepan dan akan menjadi yang terbaik di Kaltim.“Saya berharap PADU DESK Kelurahan dan desa di Kukar terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama komitmen layanan,” ujarnya.

Ditambahkan Sugiana, Pemprov Kaltim sangat mendukung adanya launching PADU-DESK di Kukar dan menyambut baik atas inovasi yang sudah dijalankan pemerintahan Kukar. “Apa yang dilakukan hari ini merupakan komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. MoU ini juga tidak sebatas kesepakatan melainkan harus terus memupuk komitmen dalam menjalankannya,” katanya.

Sebelum meninggalkan kantor pelayanan administrasi terpadu Pendingin Sangasanga, Sugiana juga bangga atas sarana dan prasarana yang dimiliki Pendingin dalam kelancaran urusan masyarakat di pemerintahan. “Saya melihat kantor PADU-DESK ini jauh lebih bagus dari kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Ini cukup bagus, harus diiringi dengan komitmen dan konsisten dalam pelayanan terbaik,” jelas Sugiana. Sementara itu Plt Bupati Kukar Edi Damansyah mengapresiasi atas terobosan yang dilakukan kelurahan Pendingin yang terus berupaya memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Saya sudah melihat langsung proses demi proses layanan terpadu di Kelurahan Pendingin, dan saya rasa ini formulasi inovasi yang bagus dalam memberikan layanan. Saya berharap sesuai standar operasional prosedur dapat dijalankan dengan bagus, sehingga tidak menimbulkan kesan layanan itu lambat,” harap Edi. Ditambahkan Edi, selama ini sering kali hanya fokus kepada service atau kualitas layanan saja, tanpa memperdulikan apalagi memperbaiki dan memperhatikan Manufacturing lainnya. SDM harus diperhatikan kesejahterannya dan dilatih keterampilannya.

“Harus dibuat jelas tugas dan fungsi personil sesuai standar operasional prosedurnya, dan memiliki integritas. Jangan terkontaminasi oleh Pungli, terapkan sistem pengendali internal pemerintah dan selalu lakukan evaluasi,”Pinta Edi Damansyah. (Margini S Prasetya/Medsi01)

Terkait