img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Lantik Anggota BPD Desa Prangat Baru

date_range 01 November 2017 | Oleh : Medsi03
Plt Bupati Kukar Lantik Anggota BPD Desa Prangat Baru

FOTO Plt Bupati Edi Damansyah Memberikan Ucapan Selamat Kepada Anggota BPD yang baru Dilantik.

TENGGARONG –Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar)  Edi Damansyah melantik  Anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) Prangat Baru Kecamatan Marang Kayu masa bakti 2017 -2023 di Aula Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Prangat Baru Kec Marang Kayu,Senin (30/10). Adapun  anggota BPD yang dilantik Ketua Joko Sutopo, Wakil Ketua Elly Depris, Sekretaris Ishak, dan anggota Panca Sifiya dan Hardi Warso. 

Plt Bupati Kukar mengatakan BPD  bertugas membahas dan menetapkan peraturan desa dengan kepala desa, selanjutnya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan mengawasi kinerja kepala desa. BPD tidak termasuk dalam unsur pemerintahan desa, namun melaksanakan fungsi pemerintahan. Fungsi itulah yang harus dilaksanakan  sehingga proses peraturan desarencana pembangunan, dan anggaran desa bisa dilakukan dengan baik,” ujarnya.

Ia meminta anggota BPD dapat menyikapi situasi dan kondisi yang ada saat ini dengan baik, terutama berkenaan dengan kondisi anggaran Pemkab Kukar yang menurun,  dimana secaranasional pendapatan negara tidak mencukupi target. 78% struktur APBD daerah bertopang  pada dana bagi hasil dari pemerintah pusat, kita berharap kedepannya desa juga mampu untuk menghasilkan pendapatan dari sumber lain, karenaberdasarkan  UU Desa  No 6 tahun 2016 tentang Desa,  desa diberikan kelaluasaan untuk  berkreatifitas tidak hanya dari sisi pembiayaan yang didukung dari ABPD kabupaten saja, tetapi ada sumber–sumber lain yang bisa diatur dan didapatkan desa guna membiayai penyelenggaraan  pemerintahan  dan pembangunan  desa.” Jelas Edi.(Yuliati-Medsi03)

Terkait

BERITA Lainnya