img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Sumarlan Himbau Peternak, Perhatikan Kesehatan Kerbau Kalang

date_range 02 November 2017 | Oleh : Medsi01
Sumarlan Himbau Peternak, Perhatikan Kesehatan Kerbau Kalang

FOTO Inilah kerbau kalang atau rawa yang dikembangbiakkan oleh para petani di desa Melintang Kecamatan Muara Wis Kutai Kartanegara.

TENGGARONG –Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sumarlan menghimbau kepada seluruh peternak Kerbau Kalang atau kerbau rawa yang ada di Kecamatan Muara Wis agar memperhatikan kesehatan hewan yang populasinya kini semakin bertambah. “Saya sudah meninjau langsung peternak kerbau kalang yang ada di Teluk Singkil Desa Melintang Kecamatan Muara Wis, jumlah populasinya semakin bertambah. Ini penting bagi peternak untuk menjaga dan memperhatikan kesehatan kerbau kalangnya,” kata Sumarlan, Kamis (26/10/2017) lalu.

Menurut Sumarlan pihaknya sudah melakukan pertemuan dan mendiskusikan perkembangbiakan kerbau kalang dengan Dinas Peternakan dan Peternakan Provinsi Kaltim, agar populasi kerbau kalang yang ada di wilayah hulu Mahakam dijadikan contoh pengembangan atau semacam plasma kerbau kalang. “Kedepannya pengembangan kerbau kalang atau rawa ini sendiri dapat dijadikan sebagai tempat wisata pertanian dengan pengetahuan pengembangbiakan kerbau kalang,” ujarnya.

Tidak hanya itu, tambah Sumarlan para peternak juga harus memperhatikan iklim cuaca yang kian tidak menentu, sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan hewan terutama menyangkut ketersediaan pakannya. “Potensi kerbau kalang atau rawa ini sangatlah menjanjikan, sehingga perlu diperhatikan baik itu pakan ternak maupun dari segi kesehatan, sehingga kondisi kesehatan kerbau kalang ini tetap terjaga dengan baik,”. Jelas Sumarlan mengakhiri. (Margini S Prasetya/Medsi01)

Terkait