img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Kukar Panen Raya Padi Sawah di Desa Muhuran Kota Bangun

date_range 30 Oktober 2017 | Oleh : Medsi04
Plt Bupati Kukar Panen Raya Padi Sawah di Desa Muhuran Kota Bangun

FOTO Plt Bupati didampingi Ketua DPRD Salehuddin, Wakil Ketua Guntur, Asisten II,Kadis Pertanian dan Peternakan Sumarlan dan sejumlah OPD saat melakukan panen padi.

TENGGARONG- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama  Ketua DPRD Salehuddin.S.Fill, melakukan panen raya padi sawah musim tanam 2017 di Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun, Sabtu ( 28/10/2017).

Turut dalam panen tersebut Wakil Ketua DPR Guntur, Asisten II Setkab Kukar Sukrawardy, Kepala Dinas pertanian dan Peternakan Sumarlan, Camat Kota Bangun MawardiKepala Bagian Protokol dan Komunikasi Publik Dafip Haryanto, Sekretaris Dinas Pendidikan Hifsi G Fachrannas.

Luas lahan yang dipanen sebanyak 150 hektar yang dikerjakan oleh 9 (Sembilan) kelompok tani  Gapoktan dengan jenis padi varitas ciherang, Cibogo,Bestari, Sintanur, serta Ir 64, dean sistem tanam tanpa menggunakan  pupuk (organik) kerjasama Dinas Pertanian dan Peternakan Kukar dengan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, serta  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian BPTP Kaltim.

Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan panen padi sawah musim tanam 2017 sebagai wujud kebersamaan dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan seluruh petani untuk bersama–sama dan bersinergi didalam membangun pertanian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dia berharap kedepannya pertanian di Kutai Kartanegara lebih maju dan mampu memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat petani di Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun.

Acara panen raya padi ini merupakan wujud rasa syukur kita semua atas hasil dan nikmat yang diberikan Allah SWT atas limpahan rejeki dan seraya berdoa semoga panen padi kita kedepan akan lebih meningkat dan membawa manfaat serta keberkahan bagi kita semua,” kata Edi Damansyah

Lebih lanjut dikatakannya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan proses transformasi ekonomi dan ketergantungan terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ( pertambangan dan penggalian ) ke SDA yang dapat diperbaharui, khususnya sector pertanian dalam arti luas dan pariwista. Khusus disektor pertanian proses transformasi ekonomi dari sector pertambangan dan pertanian terus menunjukkan peningkatan, hal ini terlihat dari pergeseran kontribusi sector pertambangan dan penggalian ke sector pertanian.

Untuk itu, ia mengajak semua masyarakat untuk bersama – sama membangun pertanian di Kutai Kartanegara.

“Kita punya potensi yang besar di sector pertanian. Hilangkan pesimisme bahwa peningkatan produksi dan kualitas pertanian sulit dicapai dengan berbagai kendala yang dihadapi melalui sinergisitas dan program kebijakan yang terintegrasi. Jadikan kendala dan kritik sebagai motivasi kita bersama untuk  untuk melakukan yang terbaik untuk pertanian Kutai Kartanegara,” kata Edi Damansyah

Ia berharap pertanian Kukar harus maju, dukungan seluruh pemangku kepentingan serta masyarakat Kutai Kartanegara sangat diperlukan dengan cara membeli dan menggunakan produk lokal sendiri.

Kita semua harus mampu menjadikan Kukar berdaya, berdaya dengan potensi dan kemampuan sendiri berdaya untuk mandiri dan unggul,” ujarnya

Kedepan ia berharap potensi pertanian yang sangat besar di Kutai Kartanegara dan khususnya Kecamatan Kota Bangun dapat terus meningkat pemanfaatannya dan untuk mencapainya diperlukan sinergisitas seluruh pemangku kepentingan serta integrasi seluruh kebijakan dan program mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di seluruh organisasi perangkat daerah.

Terkait

BERITA Lainnya