img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Plt Bupati Hadiri Pembukaan Pelatihan Ekonomi Mandiri

date_range 26 Oktober 2017 | Oleh : Medsi3
Plt Bupati Hadiri Pembukaan Pelatihan Ekonomi Mandiri

FOTO

TENGGARONG – Plt Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menghadiri Pembukaan Kegiatan Pelatihan Ekonomi Mandiri Untuk Kelompok Tani atau kelompok Usaha di Balai Pertemuan Umun (BPU) Tanah Datar Kecamatan Muara Badak.

Pembukaan Pelatihan Ekonomi Mandiri dihadiri  Camat Muara Badak Arfan Asisten II  Bid Perekonomian dan Pembangunan Kab Kukar H Sukhrawardy, Kadis Pertanian dan Peternakan Kab Kukar H Sumarlan, Ketua KTNA Prov Kaltim Wisdiyanto, Pimpinan Bank BNI Kaltim Anitia Indriani,Pimpinan Pertamina EP Sanggata Rio Ostario, Para Kepala Desa Se – Kecamatan Muara Badak serta peserta Pelatihan.

Edi Damansyah mengatakan pertumbuhan ekonomi dari bawah bertumpu pada dua hal pokok yakni memberikan kesempatan seluas–luasnya kepada pelaku ekonomi lokal untuk memanfaatkan  sumberdaya milik sendiri dalam rangka kesejahteraan bersama,  serta memperbanyak pelaku ekonomi untuk mengurangi faktor produksi yang tidak terpakai.

Saat ini pemerintah desa telah melakukan perencanaan  program penguatan ekonomi desa dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMdesa). Pendirian  BUMdesa tersebut berpedoman  pada peraturan perundang–undangan yang tidak terpisahkan  dari keaslian otonomi  desa. Bumdesa juga dibentuk didasarkan atas kebutuhan dan potensi desa sebagai upaya peningkatan  kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap pelatihan ini fokus kepada analisa potensi desa dari aspek ekonomi, sehingga program pengembangan ekonomi desa melalui BUMdesa dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak  kesejahteraan bagi masyarakat desa,” ujarnya

Edi menegaskan kegiatan tersebut merupakan peluang dan kesempatan baik untuk pengembangan kompentensi dan secara khusus akan menambah wawasan serta pengetahuan dalam uapaya mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan serta potensi sumberdaya alam, dan sumberdaya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

H Muchsin Ketua panitia Penyelenggara menjelaskan kegiatan pelatihan ini diikuti 105 orang peserta dari Kecamatan Muara Badak, Anggana, Kecamatan Samarinda Ulu, Perusahaan PT. MMC,  serta peserta Swadaya.

Ia berharap peserta dapat membekali ilmu pengetahuan tentang ekonomi mandiri, memberikan pemahaman  yang baik dan benar tentang ekonomi mandiri sebagai sarana pembangunan ekonomi yang dikelola secara mandiri dan berkelanjutan, serta memberikan bekal para peserta agar mempunyai kesadaran akan perannya sebagai motivator pengembangan ekonomi mandiri dilingkungan desa dan kelurahan.

Pelatihan Ekonomi Mandiri ditandai dengan penyerahan idcard secara simbolis kepada peserta pelatihan, penyerahan bantuan bibit kelapa sawit dan saprodi kepada Kelompok Tani Syukur Harapan serta Pengkukuhan Pengurus Bank Sampah oleh Camat Muara Badak  Arfan disaksikan Plt Bupati Edi Damansyah../// Yuliati-Medsi03////

Terkait

BERITA Lainnya