img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Sekjen Infopublik Kemenlu RI Sosialisasikan Program BSBI di Kukar

date_range 19 Oktober 2017 | Oleh : Medsi01
Sekjen Infopublik Kemenlu RI Sosialisasikan Program BSBI di Kukar

FOTO Sekretaris Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI Aziz Nurwahyudi saat mensosialisasikan program BSBI kepada jajaran Dispar Kukar.(jpg)

TENGGARONG –Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negari (Kemenlu) RI Aziz Nurwahyudi bersama rombongan berkunjung ke Kutai Kartanegara (Kukar) tepatnya di Kantor Dinas Pariwisata (Dispar) dalam rangka Sosialisasi Program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI), Jumat (13/10/2017).

Dalam kunjungan itu, rombongan Kemenlu disambut Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni bersama pejabat setempat serta undangan lainnya dari tiga Sanggar tari di Kukar yakni Tari Gubang, Pokan Takaq dan Lembaga Seni Budaya Kumala. Dalam pertemuan itu Sekjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI Aziz Nurwahyudi mengatatakan maksud kedatangannya ke Kukar adalah untuk mensosialisasikan program BSBI pada 2018 mendatang.

“Kedatangan kami ke sini, menyampaikan program BSBI dimana ada 12 pemuda dari seluruh dunia akan belajar seni tari dan musik tradisional Kutai di sanggar tari yang nantinya ditunjuk oleh tim dari Kemenlu,” kata Aziz. Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni menyambut baik atas kedatangan tim Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Kemenlu RI di Kukar.

“Program BSBI ini sejalan dengan niat kita untuk memajukan pariwisata dan seni budaya di Kukar. Ini merupakan peluang yang luar biasa untuk membuka jendela dunia, mengenalkan Indonesia melalui Kukar yang selama ini sering digaungkan Pemkab melalui Festival Erau,” ujarnya.

Tidak hanya itu, tambah Sri program BSBI Kemenlu ini juga akan berdampak positif terhadap keberadaan sanggar tari tradisi di Kukar semakin tumbuh berkembang dengan kunjungan para mahasiswa mancanegara bertukar ilmu seni sehingga dapat memperkenalkan budaya dan seni daerah Kutai. “Senang sekali rasanya, daerah kita akan dikunjungi 12 orang mahasiswa mancanegara dalam program BSBI Kemenlu RI. Semoga kehadiran mereka nanti akan menambah daya tarik bagi wisatawan mancanegara lainya berkunjung ke Kutai Kartanegara,” ujar Sri.

Diketahui, ke 12 pemuda mancanegara termasuk satu diantaranya dari Indonesia dijadwalkan akan berada di Kukar pada Maret hingga Juni 2018 mendatang. Mereka akan belajar mengenai tradisi, kearifan lokal dan mengenal kehidupan sosial masyarakat selama 3 bulan penuh yang semuanya dibiayai oleh negara melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). (Margini S Prasetya/Medsi01)

Terkait