img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Lestarikan Mepas, Rapiq Juarai Lomba Mancing di Sebulu

date_range 12 September 2017 | Oleh : Medsi01
Lestarikan Mepas, Rapiq Juarai Lomba Mancing di Sebulu

FOTO Camat Sebulu Muchfizar bersama Rapiq juara I lomba Mancing usai penyerahan hadiah.

TENGGARONG –Rapiq berhasil menaikkan ikan seberat 074-51 gram sekaligus keluar sebagai juara I pada Lomba Mancing Mepas Mania, disusul Budi Iswanto berat ikan pancingan (071-35 gram) dan diposisi ketiga dimenangkan oleh Taming (026-30 gram). Lomba Mancing Mepas Mania sendiri berlangsung di Desa Sebulu Ulu Kecamatan Sebulu yang dibuka Sekda Kukar H Marli, pekan lalu. 
 
 
Camat Sebulu Muchfizar, mengatakan peserta lomba mancing berjumlah 300 orang dibagi menjadi dua sesi pemancingan, yakni sesi pertama berjumlah 150 orang berlaga di pagi hari, dan sesi kedua 150 orang pada siang hari. Lomba mancing ini merupakan yang perdana, alhamdulillah sambut masyarakat sangat baik, dengan banyaknya warga turut mendaftar dalam lomba,” kata Muhcfizar Rabu (6/9/2017).
 
 
Menurut dia, sebelum lomba mancing dimulai terlebih dahulu dilakukan penebaran benih ikan nila, bantuan Dinas Perikanan dan Kelautan Kukar sebanyak 4.000 ekor di lokasi pemancingan sungai Mahakam. “Lomba mancing ini sendiri bertujuan untuk melestarikan budaya nenek moyang kita dulu untuk mendapatkan ikan dengan cara memancing atau mepas (bahasa Kutai) dan ini harus terus dilestarikan,” katanya.
 
 
Tidak hanya itu, selain melestarikan budaya mancing juga sebagai ajang silaturahmi dan menarik wisata dari luar berkunjung ke Sebulu. Kami berharap kedepannya potensi perikanan di Sebulu dapat dilirik investor,” ujarnya. Ditambahkan Muchfizar lomba mancing tahap II nantinya akan dikemas lebih meriah dengan menyiapkan lokasi strategis seluas 2 (dua) hektar di Sebulu Ulu. “Saya juga mengapresiasi atas bantuan pihak sponsor yang sudah menyukseskan lomba mancing di Sebulu, semoga tahun depan tambah meriah lagi,” ucapnya.
 
 
Adapun peserta lomba mancing tidak hanya diikuti oleh masyarakat setempat, melainkan juga diikuti peserta dari Balikpapan, Bontang, Sangata dan Tenggarong. Pemenang lomba sendiri mendapatkan Tropy, Piagam Penghargaan, dan sejumlah Uang pembinaan. (Margini S Prasetya/Medsi01)  

Terkait

BERITA Lainnya