img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Tim Punai 3 Wakili RS Parikesit di Ajang Kaizen Festival Nasional di Jakarta

date_range 04 September 2017 | Oleh : Medsi01
 Tim Punai 3 Wakili RS Parikesit di Ajang Kaizen Festival Nasional di Jakarta

FOTO Parikesit

TENGGARONG –Tim Budaya RSUD AM Parikesit Tenggarong sukses menggelar Kaizen Event atau penjaringan ide-ide kreatif dalam penerapan strategi Lean Manufacturing atau merubah menjadi lebih baik.  Kegiatan tersebut diikuti oleh 19 tim instalasi dan unit lainnya dilingkungan RSUD AM Parikesit, Tenggarong, Kamis (31/8/2017) lalu. Istilah Kaizen sendiri berasal dari bahasa Jepang yaitu kata Kai diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti berubah dan Zen adalahbaik. 
 
 
Adapun yang menjadi pemenang dalam event itu adalah tim Punai 3 dari IRNA dengan Ide Kaizen Darvidost. Darvidost adalah sebuah tool yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi pasien dari masing-masing dokter penanggungjawab pelayanan (DPJP). Dengan darvidost perawat dengan cepat mengetahui letak pasien dan dapat dengan cepat membantu dokter visite.  Perawat akan sangat cepat mempersiapkan berkas pasien. Hal ini penting mengingat didalam 1 ruangan terdapat banyak pasien dengan bermacam-macam DPJP. Dengan kemenangan tersebut, tim Punai 3 dan 3 juara lainya berhak mewakili RSUD A.M. Parikesit dalam ajang Kaizen Festival Nasional di Jakarta Oktober mendatang.
 
 
Direktur RSUD A.M. Parikesit Martina Yulianti mengatakan Kaizen bertujuan untuk menghasilkan pelayanan yang berkualitas tinggi dengan waktu pelayanan lebih singkat, biaya lebih rendah melalui upaya-upaya menghilangkan waste atau pemborosan dalam hal Defects, Overproduction, Waiting, Not utilizing talent, Transportation, Inventory excess, Motion waste, Excess processing (DOWNTIME).
 
“Semuanya keren dan kreatif, saya sangat bangga dengan semua peserta kaizen event, sekecil apapun ide nya, itu telah memberi isyarat pada saya bahwa karyawan RDUD AM Parikesit telah menunjukkan nilai Peduli dan Profesional yang merupakan nilai - nilai dasar organisasi menjadi budaya di RS,” kata Martina YuliantiSelain Kaizen Event acara ini juga diawali dengan Talk show budaya yang menghadirkan Wakil Direktur Umum  dan Keuangan RSUD A.M. Parikesit Sudjono dengan tema Mr. Sudjono the Inspiring. (Margini S Prasetya/Medsi01)
 

Terkait