img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Wabup Canangkan Kampung KB di Dua Desa

date_range 15 Agustus 2017 | Oleh : Medsi 03
Wabup Canangkan Kampung KB di Dua Desa

FOTO Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah memukulan gong saat pencanangan Kampung KB.

TENGGARONG -Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan pencanangan Kampung KB di dua desa yaitu Desa Lebak Mantan Kecamatan Muara Wis  di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Lebak Mantan, Kamis (10/8) dan Desa Kahala Kecamatan Kenohan di BPU Desa Kahala, Jumat (11/08). Dalam acara tersebut Wabup Kukar juga memberikan hadiah kepada masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukannya mengenai permasalahan KB.
 
Wabup Kukar Edi Damansyah dalam arahannya mengatakan kebijakan pembangunan Pemerintah Kabupaten Kukar melalui visi dan misi Gerakan Pembangunan Rakyat Sejahtera (GERBANG RAJA) yang ditetapkan melalui Perda nomor 7 tahun 2016 tentang RPJMD periode 2016 – 2021 salah satunya berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten. Menurut Edi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkompeten harus didukung dengan ketersediaan SDM yang memadai dan berkualitas, dengan berawal dari keluarga yang peduli kualitas. Disinilah tantangan dari program KB yang  harus mampu menjawab masalah dan tantangan tersebut,” imbuhnya.
 
Dijelaskannya strategi program KB harus lebih diarahkan pada wilayah-wilayah terpencil, tertinggal, dan padat penduduk, serta kepada keluarga-keluarga yang memiliki jumlah anak banyak, karena Kampung KB dapat menjadi salah satu contoh dalam menjawab masalah dan tantangan tersebut. “Hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah bagaimana tindak lanjut dari kegiatan ini, karena selama ini sering mencanangkan, namun tidak ada  tindak lanjut, bahkan tidak ada tersusun rencana kerja dan evaluasi terhadap keberhasilan pelaksanaan progam yang dicanangkan,” kata Edi.
 
Ia berharap seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, untuk dapat menyusun rencana tindak dan evaluasi, serta menyampaikan laporan perkembangan pelaksanaan pencananganan Kampung KB ini sebagaimana indikator keberhasilan Kampung KB, yang terdiri dari 3 indikator (input, proses dan output). Sehingga kegiatan yang dilakukan pada Kampung KB tidak hanya identik dengan  penggunaan dan pemasangan kontrasepsi, akan tetapi merupakan sebuah program pembangunan terintegrasi dengan berbagai program pembangunan lainnya, serta dapat dijadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai macam program yang mengarah pada upaya merubah sikap, prilaku, dan cara berpikir ( mindset ) masyarakat kearah yang lebih baik dan sejahtera.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kukar Basri Hasan mengatakan bahwa  Kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis dalam program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga secara utuh dan terintegritas yang harus dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat demi mewujudkan  keluarga berkualitas. “Kampung KB merupakan miniatur program KB secara terpadu dan komprehensif ditingkat kelurahan/desa.  Konsep  yang diterapkan yaitu memadukan program KB  dengan program pembangunan lainya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, lingkungan, dan infrastruktur,” ujar Basri.
 
Untuk diketahui berdasarkan data dan laporan Kasilitas Kesehatan (Faskes) dan data lapangan kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bulan Juni 2017 untuk Kecamatan Muara Wis Pasangan Usia Subur (PUS) berjumlah 1.382 pasangan dengan peserta KB Aktif (PA) berjumlah 917 peserta, dan untuk Desa Lebak Mantan Kecamatan Muara Wis  PUS berjumlah 260 pasangan dengan peserta KB Aktif (PA) berjumlah 123 peserta.
 
Sedangkan untuk Kecamatan Kenohan Pasangan Usia Subur (PUS) berjumlah 2.095 Peserta pasangan dengan peserta KB Aktif (PA) berjumlah 1.601 peserta, dan untuk Desa Kahala Kecamatan Kenohan Pasangan Usia Subur (PUS) berjumlah 258 Pasangan dengan peserta KB Aktif (PA) berjumlah 166 peserta.(Yuliati-medsi 03)

Terkait

BERITA Lainnya