img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Sekda Kukar Buka Sosialisasi Pengelolaaan Sumber Daya Nasional

date_range 10 Agustus 2017 | Oleh : Medsi03
Sekda Kukar Buka Sosialisasi Pengelolaaan Sumber Daya Nasional

FOTO Sekda Kukar Marli saat memberikan arahan kepada peserta sosialisasi sertabertukar cendera mata.

TENGGARONG –Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol0 Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan Direktur Jendral Potensi Pertahanan  Kementerian Pertahanan RI menggelar Sosialisasi Pengelolaan Sumber Daya Nasioanal untuk Pertahanan Negara Lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, dan BUMN di Kukar tahun 2017, di Pendopo Odah Etam, Rabu (9/8). Sekretaris Daerah Kukar H Marli meminta kegiatan tersebut bisa berkesinambungan  dalam upaya meningatkan pemahaman bagi semua warga negara RI.
 
“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih karena telah memilih Kukar sebagai tempat pelaksanaaan sosialisasi,” kata Marli. Lebih lanjut dikatakannya Pemkab Kukar terkenal memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dari sektor migas maupun non migas, sehingga banyak menarik minat investor untuk berinvestasi di Kukar,  namun tidak hanya investor yang berminta, tapi juga memberikan peluang dan potensi  bagi kelompok–kelompok tertentu yang berkeinginan menganggu stabilitas keamanan, terlebih terhadap obyek obyek vital negara yang ada di Kukar.
 
“Karena geografis, diwilayah Kukar masih terdapat daerah–daerah terpencil dan terisolir, hal ini sangat riskan dan memungkinkan terjadinya tindakan–tindakan radikalisme serta terorisme secara terselubung dan jauh dari jangkauan dan pengawasan kita semua,” ujarnya. Untuk itu Marli menegaskan kepada semua peserta agar mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut dengan baik, dengan memahami, mempelajari, dan mempertanyakan apabila masih dianggap kurang jelas. “Bagaimana seharusnya mengambil peran dalam menjaga dan memilihara sumber daya yang dimiliki dalam perspektif pertahanan negara, apa yang harus kita pertahanakan, siapa yang berkewajiban untuk mempertahankan,” ujarnya.
 
Sementara itu, Direktur Jendral Potensi Pertahanan Kemenham RI Brigjen TNI Iskandar M Munir mengatakan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman tentang sistem pertahanan negara yang kuat serta bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional,  serta sarana dan prasarana nasional, dengan menata dan  mengelola seluruh sumber daya nasional serta sarana dan prasarana nasional untuk pertahanan negara.
 
Lebih lanjut dikatakannya rancangan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, secara draft telah selesai dilaksanakan pembahasan  pada tingkat antar kementerian,  dan saat ini sedang dilaksanakan pembahasan tingkat harmonisasi oleh Kementerian Hukum dan Ham, diharapkan RUU tersebut bisa masuk dalam pembahasan di Program Legeisasi Nasional di DPR RI pada program kerja  tahun 2015-2019.
 
“ Dengan adanya UU ini akan menjadikan bangsa Indonesia lebih kuat dan lebih disegani oleh bangsa – bangsa lain di dunia, mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang telah menjadi budaya dan ideologi bangsa Indonesia, berjaya dan berpengaruh dibidang pertahanan negara dimata dunia.” Harapnya.
Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kukar H Fatekur Rochim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kukar. Sosialisasi juga ditandai dengan pertukaran cendera mata oleh Sekda Kukar H Marli dengan Direktur Jendral Potensi Pertahanan Kemham RI Brigjen TNI Iskandar M Munir. (Yuliati-Medsi03)
 

Terkait