img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Erau Resmi Dibuka MenkumHAM, Kunjungan Wisman Capai 1,9 Juta Orang

date_range 25 Juli 2017 | Oleh : Medsi01
Erau Resmi Dibuka MenkumHAM, Kunjungan Wisman Capai 1,9 Juta Orang

FOTO Poto bersama setelah penyalaan brong

TENGGARONG – Perhelatan akbar Erau Adat Kutai dan 5th International Folk Arts Festival (EIFAF) resmi dibuka Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Yasonna Hamonangan Laoly Ph.D di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (23/7/2017).
 
Dalam sambutannya, MenkumHAM Yasonna menyambut baik atas digelarnya Erau Adat Kutai tahun ke lima berskala Internasional.
 
“Saya bangga berada di Kukar dan bagian dari perhelatan Erau Adat Internasional. Pemkab Kukar dan masyarakat disini  bersemangat untuk melestarikan adat budaya sebagai warisan nusantara yang kini mendunia,” kata Yasonna.
 
Yasonna juga berharap semoga penghargaan yang diraih tersebut menjadi pelecut bagi jajaran pemkab Kukar untuk terus melakukan perlindungan budaya.
 
“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kukar atas perhelatan akbar ini. Budaya Erau ini sendiri telah meraih penghargaan sebagai budaya terpopuler di tanah air Tahun 2016. Lestarikan dan lindungi budaya adat Erau ini demi Kemajuan pariwisata dan perekonomian di daerah,” ujarnya.
 
Sementara itu Bupati Kukar Rita Widyasari mengatakan Erau Adat Internasional terus digelar setiap tahunnya dalam upaya melestarian adat leluhur kerajaan Kutai Ing Martadipura.
 
Perhelatan adat Erau Kutai di Tenggarong, merupakan sarana untuk  terus melestarikan budaya, sekaligus momentum yang baik mengenalkan Kukar dikancah Internasional,” ujarnya.
 
Rita mengakui event Erau Internasional yang terus digelar telah menambah kunjungan wisatawan setiap tahunnya yang sangat luar biasa.
 
“Kunjungan wisata ke Kukar  setiap tahunnya terus meningkat sekitar 30 persen. Kunjungan wisman tahun ini mencapai 1,9 juta orang, Semoga Kukar semakin baik lagi dan kerjasama Republik Seychelles untuk ASEAN terus meningkat,” Jelas Rita.
 
Dalam pembukaan Erau turut disaksikan Gubernur Kaltim Awang Farouk Ishak dan Forum Koordinasi Provensi Kaltim,   Presiden CIOFF Indonesia, Duta Besar Seychelles untuk ASEAN HE Nico Barito termasuk 19 Duta Besar lainnya yakni USA, Turky, Srilangka, Singapure, Serbia, Panama, Myanmar, Maroko, Libya. Korea, Iraq, Eqypt, Cuba, Chile, Bosnia, Austria, Afganistan, Menteri Pariwisata Seychelles dan Sekretaris Asean.
 
Kemudian 9 negara delegasi kesenian rakyat mancanegara yakni, Bulgaria, Slovakia, Polandia, Cina Taipei, Jepang, Korea Selatan, Thailand dan India, serta delegasi kesenian Negara-negara Afrika yang tergabung dalam Uni Afrika, serta tamu undangan lainnya termasuk raja-raja nusantara. (Margini S Prasetya/Medsi01)

Terkait