img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Jaga Lingkungan Melalui Penanaman Pohon Mangrove

date_range 12 Juli 2017 | Oleh : Medsi06
Jaga Lingkungan Melalui Penanaman Pohon Mangrove

FOTO Wabup Edi Damansyah bersama Presiden Vico Indonesia Paolo Giroudi dan FKPD Menanam pohon mangrove dipantai pangempang.

TENGGARONG –Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sangat mendukung atas kegiatan penghijauan yang dilakukan oleh SKK Migas, Vico Indonesia, dan Pos TNI Angkatan Laut (AL) Marangkayu, dalam rangka rehabilitasi kawasan pesisir, hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kukar Edi Damansyah pada acara penanaman mangrove di Pantai Pangempang Desa Tanjung Limau dan penanaman pohon Mengkudu di Desa Badak Baru Kecamatan Muara Badak, Senin (10/7/17).
 
Ucapkan terima kasih dilontarkan Wakil Bupati Kukar  Edi Damansyah kepada SKK Migas, Vico Indonesia, dan TNI AL  Marangkayu, serta komunitas–komunitas di Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu  yang telah peduli dengan lingkungan. “Ini  bagian dari upaya komitmen kita bersama untuk terus memelihara dan melestarikan lingkungan, dimana pohon mangrove ini banyak sekali fungsinya bagi biota aquatic maupun bagi masyarakat sekitar,”ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya banyaknya  potensi yang ada di sepanjang Pantai Pangempang hendaknya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat disekitarnya,  sehingga perlu mendapat perhatian bersama, termasuk komunitas pendukung pembangunan yang ada di Muara Badak dan Marangkayu. Berkenaan dengan penanaman mangrove, Edi berharap tidak hanya sampai pada tingkatan menanam, namun tugas selanjutnya adalah memelihara apa yang sudah ditanam agar tetap tumbuh dengan baik.
 
Ia berharap generasi pemuda Kecamatan Muara Badak dan Marang Kayu sebagai garda terdepan, bisa lebih berperan aktif dalam kesuksesan daerah, apalagi di dua wilayah tersebut banyak terdapat potensi pariwisatanya. Sehingga Usaha Menengah Kecil dan Makro (UMKM) di daerah sekitarnya bisa berkembang lebih baik lagi.
 
“Tugas kita bukan hanya menanam saja, tetapi juga memelihara agar bisa berkembang dengan baik, “ kata Edi Damansyah. Sementara itu Presiden Vico Indonesia Paolo Giroudi mengatakan kegiatan penanaman mangrove telah berjalan selama 3 (tiga) tahun terakhir. Ia mengajak agar  masyarakat sekitar dan para stakeholder terus bekerjasama untuk terus menjaga dan memelihara lingkungan.  “Kegiatan penanaman ini dilakukan untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem, untuk itu kami sangat perlu adanya dukungan dari semua pihak agar terus berjalan,”katanya.(Rusmala Dewi-Medsi06)  

Terkait