img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Pemkab Kukar Gratiskan Akte Kelahiran Anak Usia 19 Tahun Ke Atas

date_range 10 Juli 2017 | Oleh : Medsi01
Pemkab Kukar Gratiskan Akte Kelahiran Anak Usia 19 Tahun Ke Atas

FOTO Bupati Kukar Rita Widyasari meninjau pelayanan di Disdukcapil belum lama ini. (Foto: Betty)

TENGGARONG -Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergolong tidak mampu dan belum memiliki akte kelahiran anak. Kini bisa mengajukan permohonan penerbitan akte, baik itu di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dukcapil Kecamatan maupun di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar tanpa dipungut biaya alias gratis.
 
 
Hal tersebut tertuang dalam surat edaran tertanggal 6 Juli 2017 No.472.II/1411/Disdukcapil Tentang Akte Kelahiran Gratis bagi Masyarakat Tidak Mampu usia 19 tahun ke atas. Surat edaran tersebut ditujukan kepada camat se-Kukar ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar H Marli.
 
Dalam surat edaran itu disebutkan berdasarkan Peraturan Bupati Kukar No.27 tahun 2017 tentang Prosedur dan Persyaratan Administrasi Kependudukan. Akte kelahiran gratis diterbitkan Pemkab Kukar dalam upaya mengoptimalkan kepemilikan akte kelahiran pada masyarakat yang tidak mampu di wilayah Kukar melalui Disdukcapil dengan pelayanan secara gratis atau bebas biaya, bagi usia 19 tahun ke atas.
 
Adapun persyaratan yang harus dilampirkan masyarakat yakni surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diterbitkan oleh Desa/kelurahan setempat.Selain itu masyarakat diminta untuk melengkapi syarat sebagai berikut. (1). Surat keterangan Kelahiran asli dari rumah sakit/klinik/dokter/bidan penolong kelahiran. (2). Foto copy kartu keluarga (KK) 1 (satu) lembar. (3). Foto copy surat nikah orang tua 1 (satu) lembar. (4). Foto copy KTP kedua orang tua masing-masing 1 (satu) lembar. (5). Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diterbitkan oleh desa/kelurahan dan (6). Foto copy KTP saksi 2 (dua) orang masing-masing 1 (satu) lembar. Bagi masyarakat yang masih kurang jelas, silahkan menghubungi Novi Isransyah HP. 0821588880688 dan Eksy Tugas Siarto HP. 0811591223. (Margini S Prasetya/Medsi01). 

Terkait