img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Sekda Kukar Buka Sosialisasi Program Rastra tahun 2017

date_range 19 Juni 2017 | Oleh : Medsi03
Sekda Kukar Buka Sosialisasi Program Rastra tahun 2017

FOTO Tampak Sekda Kukar memberikan Arahan kepada peserta Sosialisasi program rastra tahun 2017.

TENGGARONG -Sekretaris Daerah  (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara  (Kukar) H Marli membuka  Sosialisasi Program Beras Sejahtera (Rastra) dan Penetapan  Pagu Rastra tahun 2017 Perkecamatan Kab Kutai Kartanegara tahun 2017. Sosilaisasi berlangsung di Ruang Serba Guna Kantor Dinas Sosial Kab Kukar Jalan Muso Bin Salim Tenggarong, Senin (12/6). 
 
Ketua Panitia Penyelenggara Sosialisasi Aji Madjid menjelaskan sosialisasi tersebut dalam rangka mewujudkan persamaan persepsi, cara pandang dan pendekatan dalam penanggulanggaan kemiskinan, meningkatkan penguatan tugas dan fungsi tim koordinasi subsidi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah, mewujudkan keterpaduan dan sinkronisasi dalam pendataan, perencanaan, pengaanggaran, pemantuan, pengawasan dan evaluasi program rastra serta mengevaluasi kegiatan tahun–tahun sebelumnya dan tahun berjalan dalam penanganan rastra.
 
Dikatakan Madjid  sasaran dari pelaksanaan sosialisasi ini terciptanya saling kebersamaan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tim koordinasi rastra, serta mengoptimaslisasikan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan perbaikan kebijakan dalam pelaksanaan program rastra di Kab Kukar. Sosialisasi yang dibahas meliputi, evaluasi pelaksanaan program rastra, penyampaian jadwal pelaksanaan kegiatan diakhiri dengan diskusi umum.
 
Sementara itu Sekda Kukar H Marli dalam arahannya mengatakan program subdisi beras bagi masyarakat berpendapatan rendah (Program Rastra) adalah program nasional lintas sektoral baik horizontal maupun vertical, untuk membantu mencukupi kebutuhan pangan beras masyarakat yang berpendapatan rendah. Dalam hal ini, pemerintah pusat berperan dalam pembuatan kebijakan program, sedangkan pelaksanaannya sangat bergantung kepada pemerintah daerah. “Peran pemerintah daerah sangat penting dalam peningkatan efektivitas program Rastra ini, “ujarnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya tujuan utama dari program rastra  ini,  untuk mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui pemenuhan sebagaian kebutuhan pangan beras. Adapun sasaran program Rastra di Kukar tahun 2017 adalah 31.570 RTS dengan jumlah beras sebanyak 351.645 kg, yang tersebar di 18 Kecamatan, alokasi tersebut sebanyak 15 kg/rts/bulan dengan harga tebus Rp 1.600 per Kg. Keberhasilan program Rastra ditentukan dari perencanaan, penganggaran, penyediaan, penyaluran , monitoring dan evaluasi, pengawasan dan penanganan pengaduan oleh lembaga terkait yang tergabung dalam Tim Koordinasi Rastra Daerah. “Saya  mengingatkan kepada Tim Koordinasi Rastra agar program Rastra ini,  betul–betul disalurkan kepada masyarakat yang dikatakan miskin dan tidak mampu, agar simiskin itu bisa terangkat dan terbantu dengan adanya program Rastra ini, “Imbuhnya lagi. (Yuliati-Medsi03)

Terkait