img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Masih Ada Toko Menjual Barang Kadaluarsa

date_range 12 Juni 2017 | Oleh : Medsi06
Masih Ada Toko Menjual Barang Kadaluarsa

FOTO Asisten II Bidang Ekonomi Sukrawardy bersama Tim gabungan Pemkab Kukar melihat tanggal kadaluarsa barang.

TENGGARONG –Tim Gabungan Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar), masih banyak  menemukan barang kadaluarsa, saat melakukan sidak bahan makanan berbahaya atau barang kadaluarsa disejumlah toko dan supermarket yang ada di Tenggarong,  Jumat (9/6/2017),“Tim masih menemukan barang kadaluarsa yang dijual, salah satu penyebabnya kurang kontrolnya penjual terhadap barang yang dijualnya, “ujar Asisten II Bidang Ekonomi Sukrawardy Sukrawardi mengatakan mengacu dari undang – undang perlindungan konsumen nomor 8 tahun 1999, untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen melindungi diri serta menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen, sehingga tumbuh sikap jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha.
 
Untuk itu, ia menghimbau kepada setiap toko dan swalayan, agar selalu memantau dan melihat kondisi barang yang dijualnya. Apakah barang tersebut masih baik atau tidak layak konsumsi, kemudian terus lakukan pengecekkan tanggal kadaluarsanya dan bentuk kemasannya apakah masih dalam bentuk sempurna atau tidak. Selain itu barang yang tidak layak jual, bisa ditempatkan ditempat khusus sehingga para konsumen tidak mengambilnya. “Kita sangat menyayangkan sekali masih saja ada penjual yang tidak meneliti barang– barangnya dan menjual barang yang kadaluarsa, kita khawatir pembelinya tidak memperhatikan barang tersebut dan kemudian terkonsumsi, ”ujarnya.
 
Ia juga berpesan kepada masyarakat sebagai konsumen agar bisa teliti dalam memilih barang– barang yang akan dibelinya seperti makanan dalam kaleng atau kotak, agar bisa melihat tanggal kadaluarsanya. “Masyarakat  sebelum membeli hendaknya mengecek terlebih dahulu tanggal kadaluarsanya, jangan langsung membeli,” harapnya lagi. Untuk diketahui Tim Gabungan Pemkab Kutai Kartanegara terdiri dari Bagian Ekonomi Setkab Kukar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kaltim, Badan Ketahanan Pangan, Disperindag, Satpol PP, dan Polres Kukar. (Rusmala Dewi-Medsi06)

Terkait