img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Rita Bersama Kemendagri Tinjau Jembatan Pela Kota Bangun

date_range 06 Juni 2017 | Oleh : Medsi05
Rita Bersama Kemendagri Tinjau Jembatan Pela Kota Bangun

FOTO Bupati Kukar Rita Widyasari (3 kanan) bersama Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kemendagri Elvius Dailami (2 kanan), saat meninjau Jembatan Pela Kota Bangun.

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari bersama dengan Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Elvius Dailami meninjau Jembatan Pela di Kecamatan Kota Bangun,  Sabtu (3/6) lalu. Menurut Rita Jembatan Pela tersebut telah selesai pengerjaan beberapa tahun lalu, namun sampai saat ini belum bisa dimanfaatkan, karena jalan penghubung dari Jembatan Pela menuju Kecamatan Muara Muntai,Muara Wis, dan Kota Bangun menuju Jembatan Martadipura, hingga Kecamatan Tabang belum ada.
 
“Untuk  membangun jalan penghubung tersebut tidak dapat dianggarkan melalui dana APBD Kukar, karena dana yang ada tidak cukup,  untuk itu kami meminjam dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), “ ujar Rita. Ia berharap dengan kehadiran  Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah untuk melihat keberadaan Jembatan Pela tersebut,  maka rencana pinjaman dana sebesar Rp 380 miliar dapat segera terealisasi.  
 
“Saya berharap rekomendasi bisa segera dikeluarkan kepada PT SMI, sebagai salah satu syarat peminjaman dana, dan saya berharap jalan penghubung tersebut dapat seger dibangun dan selesai dua tahun mendatang,” ujar Rita. Lebih lanjut dikatakannya karena  jalan pendekat Jembatan Pela berada diatas rawa-rawa, maka  nantinya dibangun dengan kontruksi jalan layang dengan jarak 40 kilometer.
 
Sementara itu, Elvius Dailami menyebut pembangunan jalan pendekat tersebut, memang suatu keharusan, agar Jembatan Pela tersebut dapat segera  dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kukar. "Sebagai mata dari Mendagri Tjahjo Kumolo untuk meninjau ke lapangan,  saya setuju jalan penghubung jembatan ini harus segera dibangun,  " pungkasnya.

Jembatan Pela sendiri dibangun pada Tahun 2001 dengan menggunakan dana APBD Kukar sebesar Rp.117 milyar, dan dikerjakan  oleh PT Hutama Karya. Turut hadir dalam peninjauan tersebut, Ketua DPRD Kukar Salehuddin S.Fil, Sekkab Kukar Marli, Camat Kota Bangun Mawardi, Camat Muara Muntai Muhammad Dahlan. (Abdul Rahman/Medsi05)  

Terkait