img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Warga Belajar SNF SKB Tenggarong Ikuti UNBK Kesetaraan Paket B

date_range 18 Mei 2017 | Oleh : medsi01
Warga Belajar SNF SKB Tenggarong Ikuti UNBK Kesetaraan Paket B

FOTO UNBK Paket B :Beginilah suasana UNBK bagi warga belajar kesetaraan paket B di SMKN 2 Tenggarong.

TENGGARONG -Sebanyak 52 dari 82 orang siswa kesetaraan paket B setara SMP Binaan SKB Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak di SMKN 2 Tenggarong, Sabtu (13/5/2017). Kepala Satuan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar (SNF SKB) Tenggarong Bukhori membenarkan kalau UNBK kesetaraan Paket B diikuti oleh 52 warga belajar. "Warga kesetaraan paket B ini pertama kali mengikuti UNBK, dan hanya diikuti 52 warga belajar, dari yang semestinya terdaftar di Dapodik Kementrian Penddikan dan Kebudayaan sebanyak 82 orang siswa," kata Bukhori.
 
Menurut Bukhori, pihaknya telah melakukan berbagai upaya melalui kelompok belajar dalam binaan SKB Tenggarong meliputi Kecamatan Loa Janan, Tenggarong, Sebulu, Tenggarong seberang, Muara Kaman dan Loa Kulu. Warga belahar sudah diberikan memotivasi untuk terus belajar melalui program paket C dan B serta mengikuti UNBK. "Rata-rata warga belajar beralasan tidak bisa mengikuti UNBK dikarenakan jarak dan waktu yang jauh dari tempat mereka seperti pedalaman hulu mahakam Muara Kaman ke tempat UNBK. selain itu juga mereka masih kebingungan saat menggunakan komputer, walau sudah diajarkan menggunakan komputer," ujarnya.
 
Diharapkan Bukhori, apa yang menjadi kendala saat ini kedepannya dapat terselesaikan sehingga memudahkan warga belajar bisa menikmati pendidikan dengan lancar. "Mudah-mudahan tahun depan peserta didik akan lebih termotivasi dan minat untuk ikut UNBK semakin banyak. Tentunya ini memerlukan perhatian serius tidak hanya dari pemerintah melainkan dunia usaha melalui CSR-nya dapat membantu memobilisasi warga belajar ke tempat ujian yang telah ditetapkan pemerintah," harapnya.
 
Diketahui, Jumlah warga kesetaraan binaan SKB Tenggarong yang terdaftar dalam Dapodik Kesetaraan paket C (setara SMA) sebanyak 195 orang dan yang mengikuti UNBK hanya 100 warga. Sementara itu untuk kesetaraan Paket B (Setara SMP) jumlah warga belajar sebanyak 82 orang dan yang hadir mengikuti Ujian Nasional hanya 52 orang. (medsi01).
 

Terkait