img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Rahmat Motivator Bertani, Rangkul Pemuda Cintai Dunia Pertanian

date_range 05 Mei 2017 | Oleh : medsi01
 Rahmat Motivator Bertani, Rangkul Pemuda Cintai Dunia Pertanian

FOTO Beginlah aktiftas pemuda ini sedang belajar bercocok tanam di lokasi pertanian milik Rahmat.

TENGGARONG -Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata dari semua pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat tani-nelayan selaku utama dalam pengembangan sektor pertanian. Salah satunya, Rahmat Amin sosok petani warga Desa Kutai Lama Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sudah puluhan tahun menekuni pertanian. Sebagai dedikasinya turut menjaga kesinambungan ketahanan pangan di Kukar.
 
Bahkan sosok Rahmat ini sudah menjadi inspirasi sekaligus motivator penggerak para pemuda setempat agar mencintai dunia pertanian. Di lokasi pertanian miliknya terdapat lahan yang ditanami berbagai jenis tanaman prooduktif, termasuk perikanan dan peternakan yang dijadikannya sebagai area pertanian terpadu.
Rahmat saat itu sedang mengolah lahan pertaniannya, bahkan ia menyadari akan kebutuhan pangan terus meningkat dan pentingnya menjaga kesinambungan produksi pangan. Tentunya hal tersebut merupakan langkah nyata yang dilakukannya dengan menampung generasi muda yang ingin belajar bertani di tempatnya.
 
"Menjaga kesinambungan produksi pangan tidak hanya dengan cara meningkatkan produksi, melainkan yang paling penting adalah bagaimana bisa menjaga kesinambungan regenerasi petani yang haris dilakukan petani pemuda," kata Rahmat, Minggu (1/5/2017) lalu. Apa yang dilakukan Rahmat tentunya menjadi inspirasi sekaligus contoh dalam menjaga kesinambungan pangan di Kutai Kartanegara. "Saya terus berpikir agar jangan sampai produksi pangan kita tidak tercukupi, melainkan saya memulai dengan merangkul para pemuda dan mahasiswa yang bersedia terlibat langsung dalam kegiatan sehari hari untuk bertani," katanya.
Saat ini terdapat puluhan pemuda dan mahasiswa turut mengikuti jejak Rahmat menekuni dunia pertanian dan peternakan. Bahkan para mahasiswa tergolong aktif dari berbagai daerah di Kaltim, bahkan pemuda Kaltara juga tinggal bersama dilingkungannya beraktifitas layaknya petani.
 
Para mahasiswa tersebut juga melakukan aktifitias ilmiah sebagimana teori yang di peroleh pada bangku kuliah. Berbagai eksperimen pun telah dilakukan dalam dan berhasil menerapkan pertanian secara modern, hingga membuat pupuk organik dan inovasi lainnya demi kemajuan pertanian. "Saya berharap, para pemuda ini nantinya mampu meneruskan apa yang telah didapat secara mendiri menekuni pertanian sebagai profesi yang kian menjanjikan secara ekonomi. Saya menyakini pertanian di Kukar akan semakin maju dan modern. Bahkan pemuda ini juga membuat semangat baru bagi petani lainnya dengan berbagi teknologi modern, sehingga petani makin sejahtera,". Jelasnya.  (medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya