img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Inspektorat Kukar Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli

date_range 03 Mei 2017 | Oleh : Medsi 03
Inspektorat Kukar Gelar Sosialisasi Satgas Saber Pungli

FOTO Sosialisasi Satgas Saber Pungli :Inspektur Inspektorat Kukar Irfani Pranata Saat Membacakan Sambutan Bupati Kukar sekaligus membuka Sosialiasasi Satgas Saber Pungli di Pendopo Wakil Bupati Kukar.

TENGGARONG –Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar kepada camat, lurah, kepala desa dan bendahara se Kukar di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Rabu (26/4). Kegiatan tersebut dibuka Inspektur Inspektorat Kukar HM Irfan Pranata. Bupati Kukar dalam sambutan tertulis dibacakan  Inspektur Inspektorat Kukar HM Irfan Pranata mengatakan pungutan liar/pungli merupakan perbuatan tidak terpuji yang dilakukan oleh seseorang atau pegawai negeri/pejabat negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang  yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan  peraturan yang berlaku.
 
Hal tersebut menurutnya bisa disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan, atau korupsi. Dijelaskannya maraknya fenomena pungli hingga kesemua level kehidupan ini, kemudian menggerakan Presiden RI Joko Widodo secara serius untuk melakukan pemberantasan terhadap pungli dengan disyahkannya PP No  87 tahun 2016 tentang Satuan  Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar  yang kemudian diperkuat  dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri No 180/3935/SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.
 
Hadirnya kedua aturan tersebut, menurut Bupati Kukar mengamanatkan kepada gubernur, bupati/walikota untuk membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) di semua lini, dengan tujuan untuk melakukan pemberantasan pungli di dalam pelayanan public kepada masyarakat. Lebih lanjut dikatakan Kukar sendiri, dalam pemberantasan pungli  telah mulai digaungkan sejak dikukuhkannya Tim Satgas Saber Pungli Kukar pada tanggal 16 Desember 2016 lalu. Dengan telah dibentuknya Tim ini pemerintah daerah berharap tim ini mampu memberantas dan mendindak pelaku pungutan liar  sampai keakar–akarnya, sehingga tidak ada lagi aparatur yang berani melakukan pungutan liar.
 
Pada kesempatan itu Bupati Kukar berharap melalui sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar, dapat dipaparkan secara komperhensif bagaimana mekanisme kerja Tim Satgas Saber Pungli didalam pemberantasan pungutan liar, sehingga masyarakat dapat mengetahui  dan meresponnya dengan baik, sedangkan bagi para camat, lurah, kades, dan bendahara sebagai garda terdepan diharapkan dapat bersinergi  dalam pemberantasan  pungutan liar di Kukar. Diharapkan juga tim ini  mampu memberikan rekomendasi perbaikan standar operasional procedure (SOP) dalam penyelenggaraan Pemerintah Kukar  Sehingga tidak ada lagi celah yang dapat dimanfaatkan oleh oknum pelaku pungutan liar.(Medsi 03)

Terkait