img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Disnakertrans Imbau Perusahaan Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

date_range 21 April 2017 | Oleh : medsi01
Disnakertrans Imbau Perusahaan Berdayakan Tenaga Kerja Lokal

FOTO Sekretaris Disnakertrans Kukar Rekson Simanjuntak.

TENGGARONG –Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menghimbau kepada semua perusahaan yang beroperasi di Kukar, agar memprioritaskan tenaga kerja lokal. "Saya menghimbau kepada semua perusahaan di Kukar dapat memprioritaskan perekrutan tenaga kerja lokal, sehingga tidak menimbulkan gelojak dimasyarakat," kata  Sekretaris Disnakertrans Kukar Rekson Simanjuntak di Pendopo Wakil Bupati Tenggarong belum lama ini.
 
Menurut Rekson, seyogyanya perusahaan melibatkan pemerintah dalam proses perjanjian kerja antara karyawan dan perusahaan agar data tenaga kerja diketahui dan ter-update. "Saya juga mengingatkan kepada perusahaan agar pro aktive melaporkan setiap penerimaan tenaga kerjanya kepada Disnakertrans Kukar," ujarnya.
 
Disinggung dengan pengurusan kartu kuning bagi pencari kerja di Kukar, Rekson menjelaskan, cukup diurus di masing-masing kecamatan. "Bagi para pencari kerja swasta yang akan mengurus kartu kuning, tidak perlu lagi ke kabupaten, cukup diurus di kecamatan kecuali kartu kuning buat CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) hanya bisa dilakukan di kabupaten," katanya.
 
Ditambahkan Rekson, pencari kerja yang mengurus kartu kuning saat ini cukup meningkat, setelah adanya geliat perusahan tambang batubara yang kembali beroperasi. "Tren pengurusan kartu kuning meningkat seiring beberapa perusahaan tambang batubara mulai beroprasi kembali," jelas Rekson. (medsi01)

Terkait

BERITA Lainnya