img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

PLTA Tabang dan PLTG Senipah Masuk Usulan RKP 2018

date_range 19 April 2017 | Oleh : Medsi 04
PLTA Tabang dan PLTG Senipah Masuk Usulan RKP 2018

FOTO Sekda Kukar H Marli didampingi Kepala Bappeda Kukar Wiyono saat menghadiri Musrenbang Regional Kalimantan 2017.

JAKARTA –Rencana Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kecamatan Tabang dengan kapasitas 200 megawatt estimasi biaya 100 Milyar, dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Senipah di Kecamatan Samboja berkapasitas 35 megawatt estimasi pembiyaan Rp 462 Milyar telah  masuk dalam usulan pembangunan listrik di Kalimantan. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten Kukar H Marli saat menghadiri Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan Tahun 2017 berlangsung di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta,  Selasa ( 18/4 ).
 
“Alhamdulillah, rencana  pembangunan dua pembangkit listrik di Kukar,  telah  masuk dalam usulan pembangunan listrik di Kalimantan, tinggal bagaimana kita mengawalnya sehingga pembangunannya segera terlaksana,” ujar H Marli. Marli mengatakan musrenbang yang diikutinya tersebut bertujuan untuk mempercepat pembangunan regional Kalimantan. “Program pembahasannya yaitu tentang kegiatan strategi regional Kalimantan Tahun 2018,” ujar Marli
 
Musrenbang itu sendiri diselenggarakan oleh Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK),   dengan tema memperepat pembangunan ekonomi regional Kalimantan didukung oleh infrastruktur yang memadai.  Adapun pemateri yaitu Mendagri Tjahyo Kumolo dengan judul membangun perbatasan Kalimantan sebagai beranda depan NKRI
 
Kegiatan yang dibuka Mendagri Tjahjo Kumolo  ini diikuti 400 peserta, ditandai dengan penanda tanganan kesepakatan dan penyerahan dokumen usulan regional Kalimantan kepada Mendagri Tjahyo Kumolo. Penyerahan dokumen tersebut berisikan  target pembangunan wilayah Kalimantan yang dicanangkan RKP 2018. Pemerintah Provinsi Se-Kalimantan menyatakan siap mendukung dan mewujudkan target tersebut, wujud dukungannya yaitu  dengan mengintegrasikan usulan program pembangunan di Pulau Kalimantan menjadi 2 fokus prioritas regional yaitu fokus infrastuktur konektivitas dan pemberdayaan energi terbarukan. Dua fokus prioritas tersebut merupakan peluang dan tantangan klasik dalam mewujudkan target-target pembangunan di Pulau Kalimantan.
 
Sementara itu, Mendagri Tjahyo Kumolo dalam sambutannya berharap kepada Pemerintah Provinsi Kaltim mampu menghadapi isu–isu strategis yaitu mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kaltim yang mandiri dan berdaya saing tinggi, mewujudkan daya saing ekonomi yang berkerakyatan berbasis sumber daya alam dan energi, mewujudkan inftastruktur dasar yang berkualitas bagi masyarakat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan,  dan berorientasi pada pelayanan publik, serta mewujudkan kualitas lingkungan yang  baik dan sehat serta berspektif.
 
“Saya menghimbau kepada agar gubernur dan bupati/walikota melakukan deteksi dini langkah-langkah stabilitas politik dalam negeri, yaitu  selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk melakukan pemetaan potensi instabilitas yang mempengaruhi dinamika politik lokal, dengan memanfaatkan modal sosial dengan mempererat komunikasi dengan tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat, “ kata Mendagri  ( Medsi 04 ).

Terkait