img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Kukar Ditetapkan Menjadi Anggota JKPI

date_range 18 April 2017 | Oleh : medsi01
Kukar Ditetapkan Menjadi Anggota JKPI

FOTO Sekda Kukar H. Marli berbicara pada Rakernas JKPI ke VI di Balai Budaya Gianyar Bali.

BALI -Setelah sekian lama menjadi peninjau, akhirnya Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditetapkan sebagai anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Penetapan keanggotaan ditandai pemberian surat keputusan (SK) oleh Bupati Gianyar A.A.Gde Agung Bharata selaku Ketua Presidium JKPI kepada Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Kukar H. Marli yang mewakili Bupati Kukar, pada acara pembukaan Rapat Kerja 
Nasional (Rakernas) JKPI ke VI, di Balai Budaya Kabupaten Gianyar, Senin (16/4) Lalu.

Rakernas diikuti 62 kepala daerah setingkat bupati/walikota dan dilaksanakan selama tiga hari, 15-17 April 2017. 
Bupati Gianyar A.A.Gde Agung Bharata saat membuka rakernas mengucapkan selamat datang kepada para peserta rakernas JKPI ke VI di Kabupaten Gianyar. "Dengan kehadiran para tamu dari berbagai daerah di Indonesia, saya harapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Gianyar untuk tetap memelihara pusaka yang ada, dan melalui forum ini saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap setia menjaga kelestarian pusaka yang ada" pesan A.A.Gde Agung Bharata.

Dalam rakernas tersebut Sekda Kukar  H. Marli menyampaikan apresiasi ditetapkannya Kukar menjadi anggota JKPI, dan mengucapkan selamat ultah kepada Kabupaten Gianyar ke 246. Ia juga mengundang seluruh anggota JKPI untuk hadir dan berpartisipasi pada acara erau yang akan digelar pada bulan Juli mendatang. 
"Melalui rakernas JKPI ini, kami  mengundang seluruh anggota JKPI untuk dapat hadir, sekaligus ikut berpartisipasi menampilkan kesenian dan budayanya dalam festival erau yang akan gelar pada juli nanti" ujar Marli.
 
Ditemui usai mengikuti rakernas,  H Marli yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sri Wahyuni mengatakan setelah Kukar resmi menjadi anggota JKPI bersama anggota yang lainnya, bisa diberi kesempatan yang lebih luas untuk melestarikan dan mempertahankan budaya dan pariwisata yang ada di Kukar, serta  disuport secara nasional dari kementerian terkait sebagai upaya mendorong kegiatan pelestarian situs-situs budaya.

"Dalam rakernas tadi disampaikan bahwa pembangunan pariwisata terutama pengelolaan situs-situs harus memperhatikan infrastruktur agar para wisatawan dengan mudah berkunjung atau mendatangi obyek-obyek itu.  Saya sangat setuju, karena kukar sendiri dengan program Gerbang Raja sangat eksis dalam pembangunan infrastruktur, mudah-mudahan dengan dukungan JKPI arah untuk meningkatkan atau memperbaiki  pengelolaan warisan budaya yang ada di Kukar dapat berjalan baik" ujar Marli.

Marli juga berharap melalui rakernas ini seluruh anggota JKPI dapat ikut mendorong dan memperkenalkan festival budaya erau yang setiap tahun digelar di Kukar. 
“Saya tadi sempat menitip pesan tentang festival erau yang selalu kita laksnakan setiap tahunnya, dengan keanggotaan JKPI mencapai 62 kabupaten/kota, saya  berharap informasi tentang erau bisa lebih luas lagi gaungnya, sehingga erau dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, “ ujar H Marli lagi (medsi 01)

Terkait