img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Guru MAN 2 Kukar Lolos Seleksi KTI Tingkat Nasional

date_range 18 April 2017 | Oleh : medsi01
Guru MAN 2 Kukar Lolos Seleksi KTI Tingkat Nasional

FOTO Guru MAN Rais Budiarto, S.Pd., M.Si, berhasil meloloskan proposal penelitiannya ditingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Pembelajaran dan Lomba Pendidikan Karakter Bangsa diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

TENGGARONG -Prestasi membanggaan kembali diraih MAN Kutai Kartanegara (Kukar), kali ini datang dari salah satu guru MAN yakni Rais Budiarto, S.Pd., M.Si, berhasil meloloskan proposal penelitiannya ditingkat Nasional dalam Lomba Inovasi Pembelajaran dan Lomba Pendidikan Karakter Bangsa diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan secara resmi diumumkan pada Selasa (11/4/2017) sore.
 
Lomba tersebut dibuka pendaftarannya sejak Januari 2017 lalu dan telah dilakukan seleksi secara nasional yang diikuti 1.676 guru SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia. Dalam lomba itu para peserta diwajibkan mengirimkan inovasinya dalam bentuk proposal Karya Tulis Ilmiah (KTI). Bagi Proposal yang lolos akan diberikan bimbingan teknis proses penelitian di Jakarta dan Jogjakarta pada Mei 2017 mendatang.
 
Lulusan terbaik Magister Ilmu lingkungan Unmul ini berhasil meloloskan proposal inovasi pembelajarannya yang berjudul “Pengembangan Permainan “Biopoly Telolet” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di MAN 2 Kutai Kartanegara”, serta proposal lomba Pendidikan Karakter Bangsa yang berjudul “Menumbuhkan Karakter Kreatif dan Peduli Lingkungan pada Siswa Melalui Pendekatan Project Bioenterpreneurship Murampas (Jamur Tiram Ampas Tahu)”.
 
Dikatakan Rais, ide penelitian muncul dikarenakan rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa untuk pelajaran biologi, sehingga perlu diciptakan suatu media pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan tidak bosan dalm proses pembelajaran. "Alhamdulilah, inovasi pembelajaran yang saya buat ini berupa permainan “Biopoly Telolet” yang merupakan media permainan monopoly biologi yang dikembangkan dengan adanya suara audio. Siswa akan diajak bermain sambil belajar yang harapannya dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa," kata Raiz, Rabu (12/4/2017).
 
Sedangkan proposal kedua yang juga berhasil lolos kata Raiz, tentang meningkatkan karakter kreatif dan peduli lingkungan, peneliti menggunakan pendekatan Project Bioenterpreneurship Murampas (Jamur Tiram Ampas Tahu). "Melalui pendekatan ini siswa akan diajak untuk memanfaatkan limbah tahu yang tidak digunakan lagi sebagai bahan tambahan pembuatan media tumbuh jamur tiram, dengan memanfaatkan limbah yang terbuang diharapkan karakter peduli lingkungan dapat tumbuh serta karakter kreatif dengan mengembangkan usaha jamur tiram dan produk turunannya dapat tumbuh di kalangan para siswa," ujarnya.
Sementara itu Kepala MAN 2 Kukar Samuri, S.Pd bangga atas prestasi yang diperoleh Rais Budiarto. "Rais merupakan guru yang sangat berprestasi. Kami dari pihak madrasah selalu mendukung penuh setiap kegiatan yang dilakukan oleh para guru dan siswa di MAN 2 Kukar," katanya.
 
Atas dukungan tersebut kini telah memperoleh prestasi diberbagai bidang baik di level provinsi dan nasional. "Saya berharap semangat semua komponen di madrasah ini untuk ikut berprestasi, terus ditingkatkan," harapnya. Tidak hanya Samuri, ucapan selamat juga datang dari Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar Drs. H. Fahmi, MM mengapresiasi prestasi yang didapat. "Mudah-mduahan pencapaian ini dapat diikuti oleh guru guru lain se Kukar berikut para muridnya, sehingga dapat mengangkat nama daerah, madrasah semakin dikenal di masyarakat," semangatnya. Diketahui Rais Budiarto juga pada tahun 2015 lalu berkesempatan makan siang bersama Presiden Jokowi di Istana Negara dan memperoleh penghargaan Apresiasi Pendidikan Islam (API) dari Menteri Agama RI dalam Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional di Jakarta. (medsi01)
 
 

Terkait

BERITA Lainnya