img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

PSPP Unikarta Gelar Diskusi Desa Mandiri

date_range 29 Desember 2016 | Oleh : hmp03
PSPP Unikarta Gelar Diskusi Desa Mandiri

FOTO Wabup Kukar Edi Damansyah saat membuka diskusi Desa Mandiri di Pendopo Wakil Bupati Kukar yang digelar Pusat Studi Politik dan Pemerintahan (PSPP) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta).

TENGGARONG -Pusat Studi Politik dan Pemerintahan (PSPP) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) menggelar diskusi desa mandiri di Pendopo Wakil Bupati Kukar, Selasa (27/12) lalu. Ketua Penyelenggara Efri Novianto mengatakan diskusi desa mandiri mengambil tema Desa Mandiri Membangun Kutai Kartanegara Dari Pinggiran. Program diskusi tersebut menurutnya merupakan bagian dari pelaksanaan fungsi tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian. 

Ia berharap melalui program diskusi semacam ini merupakan bagian dari upaya menghadirkan kampus sebagai pemberi solusi atau manfaat dalam proses pembangunan di Kukar “Kegiatan hari ini merupakan kali kedua, dimana kegiatan yang sama telah dilakukan pada tanggal 9 Nopember 2016 lalu, di Kampus Unikarta, “ kata Efri

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah selaku nara sumber membawa konsep tentang bena kampong etam. “Bena kampong etam merupakan gerakan  yang membangitkan  kembali nilai–nilai gotong royong dan kepedulian masyarakat desa atau kelurahan,” kata Edi Damansyah.

Dijelaskanya nilai–nilai gotong royong tersebut haruslah berdasarkan  pada prinsif kebersamaan, kemandirian, swadaya,  kemitraan. kesetaraan, dan keberlanjutan, dengan menoptimalkan segenap potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki,  dalam rangka pencapaian program nasional yaitu desa berketahanan  social.(hmp03)

Terkait