img
img
img
FLASHNEWS:

Disbudpar Kukar Kembali Gelar Festival Kota Raja V Tahun 2016

Disbudpar Kukar Kembali Gelar Festival Kota Raja V Tahun 2016
Sekda Kukar H. Marli didampingi Kadisbudpar Kukar Sri Wahyuni dan perwakilan Polres Kukar melakukan pemukulan gendang tanda dibukanya Gelar Produk Kreatif Daerah Kukar dlm rangka Festival Kota Raja V Thn 2016.

TENGGARONG –Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H. Marli membuka gelar produk kreatif daerah Kukar dalam rangka menyemarakkan  Festival Kota Raja (FKR) V Tahun 2016 di Lapangan Basket Timbau Tenggarong, Rabu malam (19/10)  yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Kukar.

Marli dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Kutai Kartanegara sejak dahulu dikenal sebagai daerah yang menjunjung tinggi akar budaya leluhur. Upaya  pelestarian adat asli Kutai tidak saja disuarakan dalam bentuk wacana dan retorika namun dalam bentuk kegiatan nyata secara konsisten. "Beberapa event dapat dilihat sebagai upaya untuk terus melestarikan budaya asli Kutai seperti event Erau yang selalu diselenggarakan setiap tahun, pelestarian kampung adat dan budaya, penggunaan pakaian adat dalam setiap kesempatan bahkan wajib pada hari tertentu bagi PNS Kukar, melestarikan makanan khas Kutai, melestarikan permainan tradisional," ujar Marli.

Hingga saat ini, sumber utama pendapatan Kutai Kartanegara berasal dari minyak, gas dan batu bara serta sumber daya alam lainnya. Mengingat SDA merupakan sumber daya yang tidak terbaharukan, maka salah satu sektor yang diprioritaskan untuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah adalah sektor pariwisata. Upaya peningkatan dari sektor pariwisata ini sangat terkait dengan upaya pelestarian seni, budaya dan ciri khas Kutai. Event Festival Kota Raja yang telah diselenggarakan selama 5 (lima) tahun merupakan langkah strategis dalam usaha mendongkrak kunjungan wisatawan ke Kukar. Terlebih lagi agenda pariwisata tahunan ini dapat menimbulkan dampak pada sektor lain seperti ekonomi kerakyatan.

Marli menambahkan, saat ini unsur budaya telah masuk ke dalam ranah industri khususnya industri pariwisata yang berarti upaya pelestarian dan pengembangan budaya diharapkan menjadi komoditas pariwisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan PAD Kukar, dan masyarakat Kukar mencintai dan bangga dengan kekayaan seni dan budayanya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tenggarong dan Kukar untuk hadir dan berkunjung pada rangkaian FKR V, sekaligus menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lokasi pelaksanaan kegiatan agar Kota Tenggarong tetap menjadi kota yang Rapi, Indah, Tertib dan Aman (RITA). 
‪Sementara itu, Kadisbudpar Kukar Sri Wahyuni mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangkaian FKR V  dalam rangka memperingati HUT ke 234 Kota Tenggarong.


Sri menambahkan, adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah gelar produk kreatif daerah fashion, food art dan craf FKR V yang menampilkan dan mewadahi produk – produk kreatif Kukar seperti produk fashion, makanan, produk seni serta produk budaya dan pentas seni. Selain gelar produk, pihaknya juga menggelar pentas seni dan komunitas yang berlangsung di pentas seni Lapangan Basket Timbau Tenggarong  mulai 20 – 23 Oktober yang menampilkan perwakilan para kelompok paguyuban. "Juga dilaksanakan pemilihan Taruna Dara pada tanggal 21 Oktober, Festival Jepen Kreasi Tingkat Sekolah Dasar  (22-23 Oktober), Mahakam International Dragon Boat (21-25 Oktober), TKC (22 Oktober) serta lampion pada 25 Oktober," jelas Sri. Acara pembukaan gelar produk kreatif ditandai dengan pemukulan gendang serta peninjauan stand bazar. (hmp 04).

 

Radio FM 100.6 MHz RPK Kukar
VideoIndex
  •  
No. Telepon Penting
  • Sekretariat Daerah (0541) 662088
  • Polres (0541) 661410
  • Operator PDAM (0541) 661002
  • RS Parikesit (0541) 666373
      (0541) 661118
  • RSU Samboja (0542) 460225
      (0542) 460226
  • Kantor PMK (0541) 661009
  • Telkom (0541) 661117
  • PLN (0541) 661365
  • Call Centre Gerbang
    Raja (0541) 6669000   
img img img