img
img

Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Disnakeswan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

date_range 01 September 2016 | Oleh : hmp06
Disnakeswan Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

FOTO Pemeriksaan hewan qurban yang dilakukan oleh dokter hewan bersama Disnakeswan Kabupaten Kukar.

TENGGARONG - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar) mengadakan pemeriksaan hewan ternak masyarakat dan penjual hewan qurban di Kecamatan Loa Kulu dan Tenggarong, Senin (19/8), kemarin. Rombongan yang dipimpin oleh Kabid Kesehatan Hewan Disnakeswan Fathuddin didampingi Drh Gunawan dan Kepala seksi pelayanan Disnakeswan Drh Sugeng Budi Iswanto.

Dalam penjelasannya setelah pemeriksaan hewan Fathuddin mengatakan  pemeriksaan hewan qurban adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Disnakeswan menjelang hari raya qurban, hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya hewan – hewan qurban yang tidak sehat dan tidak cukup umur untuk diperjual belikan kepada masyarakat.

“Kita melakukan pemeriksaan tadi di Kecamatan Loa kulu dan Tenggarong memberikan kepastian bahwa hewan yang dijual tersebut benar – benar sehat dan setelah diperiksa sehat, kami memberikan tanda digantungkan kesetiap hewan label bertuliskan sehat,”katanya. Lebih lanjut katanya dari pemeriksaan tersebut ada beberapa ditemukan hewan yang sakit dan tidak cukup umur, seperti adanya kelebihan protein dan adanya bulu yang rontok.

“Dari pantauan kami di lapangan jumlah hewan yang ada pada tahun ini menurun dari tahun kemarin, jumlah hewan yang didatangkan dari daerah lain pun ikut menurun, semua dikarenakan dengan menurunnya jumlah pembelinya,”ujarnya. Ia menghimbau kepada masyarakat agar membeli hewan ternak untuk lebih teliti dalam membeli hewan dan dilihat dari label sehat, disetiap hewan yang sudah diberi label sehat berarti sudah diperiksa oleh Disnakeswan dan hal tersebut merupakan jaminan dari Disnaskeswan.(hmp06)

BERITA Lainnya