Bagian Protokol & Komunikasi Publik

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara

Berita

Bupati Kukar Terima Penghargaan Satya Lencana Melati

date_range 15 Agustus 2016 | Oleh : hmp 01
Bupati Kukar Terima Penghargaan Satya Lencana Melati

FOTO Bupati Kukar Rita Widyasari saat menerima Satya Lencana Melati dari Presiden RI Joko Widodo

JAKARTA - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara menerima Satya Lencana Melati dari Presiden RI Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka Indonesia pada Upacara Hari Pramuka ke 55 dan Pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) X Tahun 2016 di  Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2016).

Satya Lencana Melati adalah tanda penghargaan orang dewasa  (TPOD) dalam gerakan pramuka yang hanya diberikan kepada seseorang yang memberikan perhatian, sumbangsih dan kepedulian terhadap perkembangan gerakan pramuka di daerahnya.  Rita Widyasari menjadi salah satu dari 38 orang pejabat negara atau tokoh nasional dan tokoh pramuka dari beberapa daerah serta tokoh dan pimpinan organisasi kepanduan dari beberapa negara tetangga yang mendapatkan kehormatan penghargaan tersebut yang diserahkan dihadapan kurang lebih 25 ribu peserta Jamnas 2016. Dan salah seorang tokoh nasional lain yang menerima penghargaan tersebut adalah mantan Presiden RI Megawati Sukarno Putri.

Jambore Nasional (Jamnas) X Tahun 2016 itu sendiri dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Pada kegiatan yang bertema “Keren, Gembira, Asyik,” Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga dimeriahkan atraksi pemecahan rekor MURI berupa penerbangan sebanyak seribu unit Chuck Glider oleh 1.000 peserta Jamnas. Presiden Jokowi menerbangkan Chuck Glider perdana, yang kemudian diikuti anggota Gerakan Pramuka.

Chuck Glider adalah model pesawat ringan berteknologi pesawat udara, buatan anggota Gerakan Pramuka Saka Dirgantara, yang diterbangkan dengan cara dilemparkan.

Jambore Nasional adalah pesta kegiatan pramuka penggalang se-Indonesia. Kegiatna ini menjadi wahana untuk merajut tali persaudaraan dan persahabatan.(Hmp. 01)

Terkait

BERITA Lainnya